Melalui Studium General, Prodi PMA Bekali Mahasiswa Temukan Isu Penelitian

Sumberpost.com | Banda Aceh – Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika (PMA) UIN Ar-Raniry mengadakan Kuliah Umum atau Studium General dengan tema “Isu-Isu Penelitian Pendidikan Matematika dan Desainnya sesuai Konteks Kurikulum Merdeka Belajar” di Aula Gedung B Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Sabtu (20/5/2023).

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Habiburrahim ini, turut menghadirkan dua pemateri, yakni Gelar Dwirahayu yang merupakan Dosen sekaligus Ketua Prodi (KaProdi) UIN Syarif Hidayatullah, serta Elizar yang merupakan Dosen Universitas Syiah Kuala.

Sebagai pembuka materi, Gelar Dwirahayu menjelaskan, ada 3 karakteristik kurikulum merdeka yang perlu dikuasai dan dikembangkan oleh seorang guru, yakni memiliki soft skills, menguasai materi esensial serta melakukan pembelajaran yang fleksibel.

“Ketika anda masuk ke sekolah, ada 3 hal yang harus diutamakan, yaitu soft skills, materi esensial dan pembelajaran yang fleksibel,” tuturnya.

Selain itu, pemateri kedua, Elizar turut menjelaskan arti meneliti yang sesungguhnya. Ia menjelaskan, meneliti merupakan kegiatan membangun sebuah pengetahuan baru berdasarkan pengetahuan yang sudah ada, dengan cara yang baru atau yang lebih kreatif.

Elizar menambahkan, bahwa meneliti tidak harus semuanya baru, namun peneliti harus dapat menyajikan informasi yang ditemuinya dengan cara yang berbeda, agar muncul keterbaharuan penelitian.

“Meneliti memang tidak harus semuanya baru, kita gunakan yang sudah ada tapi kita sajikan dengan cara baru yang sedikit berbeda, itulah yang disebut dengan kebaharuan penelitian,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang peserta, Dita Fazira mengatakan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi dirinya dan mahasiswa Prodi PMA lainnya. Menurutnya, ilmu yang disampaikan pemateri sangat membantu mahasiswa yang akan menyusun tugas akhir.

“Saya sendiri yang awalnya masih bingung mengenai penelitian, sekarang sudah bisa menentukan apa yang harus saya lakukan untuk menyusun tugas akhir,” ucap Dita.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi wawasan kepada mahasiswa terkait isu-isu penelitian pendidikan matematika terbaru yang sesuai dengan konteks kurikulum merdeka belajar ini. []

Reporter: Widdatul Hasanah

Editor: Nurul Hidayah