Nurhafira, Mahasiswi PBI Raih Juara Favorit Duta Bahasa Aceh 2023

Sumberpost.com | Banda Aceh – Nurhafiratul Muslimah mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry menyabet juara favorit Duta Bahasa Aceh 2023 yang diadakan oleh Balai Bahasa Provinsi Aceh. Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) angkatan 2020 ini masuk top 10 pasang finalis dalam Penobatan Duta Bahasa Aceh 2023 yang diselenggarakan di Ayani hotel, Sabtu malam (24/6/2023).

Sebelumnya, ia tak menyangka akan mendapatkan Juara Favorit Duta Bahasa 2023. Sampai di tahap 10 besar saja ia sudah sangat bersyukur.

“Enggak pernah nyangka sama sekali, bahkan untuk masuk 10 besar aja gak nyangka. Tiba-tiba syok dipanggil jadi duta favorit,” katanya.

Berbagai persiapan telah dilaluinya dalam tahap pemilihan Duta Bahasa Aceh 2023, mulai dari tahap seleksi berkas hingga tahap karantina yang dilaksanakan 2 hari di Ayani hotel. Disana mereka dibekali dengan banyak ilmu dari para ahlinya seperti pembuatan Krida atau program yang akan mereka jalankan nantinya, penampilan bakat dan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).

“Di hari karantina kami baru benar-benar dibekali ilmu seperti pembuatan krida, penampilan bakat, tes UKBI dan deep-interview dengan juri-juri yang professional di bidangnya seperti juri wicara publik, kebudayaan, kepribadian dan lainnya,” ujarnya.

Saat penampilan bakat, Nurhafira memilih monolog tentang perjuangan seorang ibu dan pengorbanan raja. Menurutnya semua orang punya perjuangan yang berbeda-beda. Di sela-sela monolog ia menyelipkan hikayat yakni rateb aneuk.

“Kami ceritakan tentang perjuangan, semua orang punya perjuangan yang beda. Di situ kami memberitahu perjuangan ibu membesarkan anak nya dan anak yang sudah besar jadi raja berjuang untuk rakyatnya,” kata Nurhafira.

Ia berpesan jangan pernah takut untuk keluar dari zona nyaman selama itu baik dan tidak melanggar peraturan agama karena tidak ada yang tau dimana letak keberuntungan kita. Teruslah mencoba selama ada kesempatan dan gunakan kesempatan itu dengan sebaik mungkin.

“Selama ada kesempatan, ikutilah apapun itu baik kegiatan ataupun organisasi sekalipun selama tidak melanggar dengan agama. Jangan pernah takut keluar dari zona nyaman. Kumpulkan pengalaman sebanyak-banyaknya, karna tidak ada yang pernah tau keberuntungan kita dimana,” pungkasnya.[]

Reporter: Raudhatul Jannah