PKM UIN Ar-Raniry Ditutup, Begini Respon Mahasiswa

Sumberpost.com | Banda Aceh – Penutupan gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry bikin resah seluruh Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa), pasalnya penutupan tersebut sudah berlangsung sejak tanggal 28 Juni 2023.

Alasan penutupan sendiri didasarkan karena adanya renovasi gedung, persoalan keberhasilan, serta keamanan PKM yang masih kurang disiplin.

Meskipun demikian hal tersebut memberikan dampak yang tidak baik bagi mahasiswa karena gedung tersebut merupakan pusat kegiatan untuk latihan dan penyimpanan barang bagi semua Ormawa. Dan juga sebagian Ormawa hendak melaksanakan perlombaan, sehingga sangat membutuhkan akses gedung PKM untuk latihan.

Riski, selaku Presiden Mahasiswa (Presma) UIN Ar-Raniry mengatakan, keresahan yang terjadi dikalangan Ormawa disebabkan oleh renovasi gedung PKM, dan perwakilan Ormawa yang hadir dalam rapat tersebut bertujuan untuk berdiskusi agar akses gedung PKM tetap bisa diakses meskipun renovasi tetap berlangsung, Senin (17/7/2023).

“Diskusi ini diadakan untuk untuk mengumpulkan para perwakilan Ormawa untuk menemukan cara agar kegiatan kita UKK dan UKM tetap berjalan seperti biasa dan juga renovasi tetap terlaksana,” katanya.

Riski, juga menuturkan akan mengajukan hasil dari diskusi bersama ke pimpinan UIN Ar-Raniry dan meminta alternatif lain jika memang PKM ditutup dan juga meminta kepastian terhadap deadline renovasi.

“Untuk saat ini PKM ditutup dalam hal positif karena adanya renovasi dan kami akan meminta alternatif gedung sementara, dan juga kami Dema akan bekerjasama dengan Ormawa lainnya dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan PKM,” tuturnya.

Hal serupa juga dikatakan oleh Juanda, selaku Ketua (Unit Kegiatan Mahasiswa) UKM Tapak Suci, penutupan PKM ini menjadi sebuah masalah bagi seluruh Ormawa, terutama UKM Tapak Suci yang melaksanakan latihan dan penyimpanan barang di PKM.

“PKM merupakan ranah kegiatan bagi mahasiswa dan jika ditutup kami kesulitan untuk latihan, karena sebagian UKM memanfaatkan latihan di saat libur semester seperti ini,” pungkasnya. []

Reporter: Nadifa Rahma Putri