UIN Ar Raniry Borong 3 Emas di Cabang MHQ PKM Jambi

Sumberpost.com | Jambi – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh berhasil memborong Medali Emas di cabang lomba Musabaqah Hifzhil Qur’an (MHQ) pada PKM III se-Sumatera dan Perguruan Tinggi Islam (PTI) Se-Asia Tenggara yang dilaksanakan di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Kontingen UIN Ar-Raniry Banda Aceh berhasil menambah pundi-pundi medali emas dengan memborong tiga medali emas dikategori 10 juz, 20 juz dan 30 juz putra.

Untuk 10 juz diraih oleh Uli Satria mahasiswa Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir, sementara 20 juz diraih Dolly Isma Indra mahasiswa Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir yang juga sebagai anggota Polisi Polda Aceh. Kemudian dikategori 30 juz diraih Misbahul Munawarah, mahasiswa prodi Bahasa dan Sastra Arab.

Selain berhasil meraih medali emas, di cabang lomba Musabaqah Hifzhil Qur’an (MHQ) putri, kontingen UIN Ar-Raniry Banda Aceh juga berhasil meraih perunggu di kategori 20 juz yang dipersembahkan oleh Klarista Mufida Syarifandra mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Dr Mujiburrahman MAg merasa senang dan bangga atas raihan medali emas yang dipersembahkan kontingen UIN Ar-Raniry Banda Aceh, khususnya di cabang lomba Musabaqah Hifzhil Qur’an (MHQ).

Menurut Prof Mujib percapaian medali tersebut bukan hanya prestasi bagi keluarga besar UIN Ar-Raniry Banda Aceh, namun ini merupakan kebanggaan bagi tersendiri masyarakat Aceh.

“Selain berkewajiban untuk mendidik generasi muda Aceh menjadi generasi emas di masa mendatang, UIN Ar-Raniry sebagai institusi Negara juga memiliki tugas men-suppoort pemerintah dalam menjalankan syariat Islam di Bumi Serambi Mekkah,” ujarnya.

Mujiburrahman menambahkan, sebagai PTKIN yang berada di wilayah penerapan syariat Islam, UIN Ar-Raniry Banda Aceh terus berupaya memberikan kesempatan kepada para hafiz untuk melanjutkan pendidikan di kampus ini, salah satu yang dilakukan pada tahun ini yaitu memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa para hafiz dan hafizah Qur’an untuk masuk ke UIN Ar-Raniry melalui jalur khusus pada PMB Lokal.

Sebelumnya, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof Dr Saifullah MAg menjelaskan pada hari keempat pelaksanaan Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) III Se-Sumatera 2023 di UIN STS Jambi, UIN Ar-Raniry berhasil menambah 3 emas, 2 perak dan 2 perunggu.

“Khusus cabang MHQ putra kita berhasil memborong 3 medali emas disemua kategori. Sementara untuk MHQ putri kategori 20 juz kita berhasil meraih medali perunggu,” ujar Saifullah, Kamis (27/7/2023).

Sebagai informasi, hingga hari keempat pelaksanaan PKM III Jambi, UIN Ar-Raniry Banda Aceh telah berhasil meraih 14 medali dengan rincian 6 emas, 3 perak dan 5 perunggu. [Rel]