452 Peserta PPKPM FTK UIN Ar-Raniry Diberi Pembekalan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sebanyak 452 mahasiswa peserta Praktik Profesi Keguruan dan Pengabdian Masyarakat (PPKPM) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh mengikuti pembekalan, kegiatan tersebut berlangsung di Auditorium Prof Ali Hasjmy Kopelma Darussalam, Kamis (3/8/2023).

Dekan FTK UIN Ar-Raniry, Prof Safrul Muluk mengatakan, PPKPM tersebut merupakan perpaduan antara kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada sekolah atau madrasah dan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) yang ditempat bersama masyarakat di gampong atau desa.

Dijelaskan, PPKPM ini bibagi kepada beberapa klaster, antara lain PPL dan KPM, mahasiswa akan melaksanakan PPL di sekolah dari pagi hingga siang, selanjutnya hingga malam hari peserta melakukan pengabdian bersama masyarakat di masing-masing gampong yang ditempatkan. Namum ada juga klaster lainnya, yaitu mereka hanya melakukan PPL atau KPM saja.

“Kami mengharapkan kepada peserta PPKPM agar dapat melakukan tugas akademik ini dengan baik, selain sebagai kewajiban secara akademik, kegiatan tersebut merupakan bagian dari pengabdian mahasiswa kepada masyarakat,” ujarnya.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIN Ar-Raniry, Jasafat,
mengatakan, pengabdian yang dilakukan dalam program PPKPM ini merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi, mahasiswa sebagai agen of change diharapkan harus mampu membawa perubahan yang positif kepada masyarakat.

“Kita sering mendengar role model, namun selama ini sulit untuk diaplikasikan. Untuk itu perlu kita pahami bersama bahwa role model yang disebut dengan kata teladan tersebut merupakan suatu tindakan yang mencerminkan suatu sikap yang baik sehingga dapat dijadikan sebagai model acuan atau dicontoh bagi orang lain,” katanya.

Selain itu, Jasafat mengingatkan kepada peserta PPKPM bahwa kehadiran mahasiswa di tengah-tengah masyarakat dan sekolah bukan hanya membawa nama pribadi, perlu diingat bahwa ada nama lembaga pendidikan besar di Aceh pada masing-masing peserta.

“Jagalah integritas, kepribadian yang baik, nama almamater UIN Ar-Raniry sebagai kampus islam yang selama ini menjadi kebanggaan masyarakat Aceh,” ujarnya.

Sebalumnya, Kepala Pusat Pengembangan Pembelajaran FTK UIN Ar-Raniry, M Duskri merincikan, PPKPM semester ganjil tahun akademik 2023/2024 ini akan dilaksanakan mulai 7 agustus hingga 21 September 2023 mendatang, dengan peserta berjumlah 452 orang, terdiri dari 143 laki-laki dan 309 perempuan.

Duskri mengatakan, PPKPM kali ini akan dilaksanakan di wilayah kabupaten Aceh Besar dan Kota Madya Banda Aceh.

Selain melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, mereka juga melakukan Praktik Pengalaman Lapangan pada sekolah, yaitu Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Pada pembekalan tersebut, peserta diberikan beberapa materi antara lain tentang arah dan kebijakan Rektor UIN Ar-Raniry untuk menuju universitas unggul, strategi pemetaan dan penyusunan program KPM dan materi teknis pelaksanaan PPL terintegritas KPM. [Rel]