Warek lll UIN Ar-Raniry Umumkan Jadwal Pelaksanaan PBAK 2023

Sumberpost.com | Banda Aceh – Berdasarkan surat edaran nomor :6010/Un.08/WR.III/Ks.01.2/08/2023 Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-raniry, akan melaksanakan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) pada 15 – 18 Agustus 2023.

Pemberitahuan tersebut resmi diumumkan oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama (Warek lll) Prof. Saifullah dalam rapat persiapan PBAK bersama Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) dan seluruh Organisasi Mahasiswa (Ormawa), di Aula Rektora, Selasa (08/08/2023).

Wakil Rektor (Warek) bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama menyampaikan, PBAK tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 15 – 18 Agustus 2023. Pengenalannya dilakukan selama 4 hari untuk memaksimalkan waktu orientasi atau pengenalan dari seluruh UKK dan UKM se-lingkungan Ar-raniry.

“PBAK tahun lalu dan juga tahun ini memiliki waktu pengenalan yang lebih lama yaitu 4 hari, dikarenakan ada banyak Unit Kegiatan Khusus (UKK) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang tidak cukup waktu untuk orientasi kepada mahasiswa baru,” jelasnya.

Karena jumlah mahasiswa baru tahun 2023 sekitar 4.300 mahasiswa. Maka dalam pelaksanaannya membutuhkan banyak kontribusi dan kerjasama dari petinggi kampus dan pengurus seluruh ormawa.

Maka dari itu dengan kesempatan ini UKK dan UKM serta mahasiswa baru diharapkan dapat mengenalkan bakat dan minatnya dengan lebih maksimal.

Disisi lain Presiden Mahasiswa (Presma) UIN Ar-Raniry, Ilham Rizky Maulana dalam sambutannya menyampaikan, selama pelaksanaan PBAK, seluruh panitia dan pengurus harus bekerjasama dengan kompak.

“Kita harus sama-sama bersinergi dalam acara PBAK, seluruh pelaksanaannya atas kerjasama dengan seluruh ormawa,” tuturnya.

PBAK merupakan orientasi kegiatan akademik yang mengawali proses perkuliahan yang diselenggarakan setiap tahun untuk menyambut dan mengenalkan budaya akademik kepada mahasiswa baru.

Kemudian mekanisme pelaksaan PBAK tahun ini akan dibagi menjadi 2 kelompok yang akan mengikuti PBAK di Auditorium dengan rapat senat dan di gedung KPM untuk pengenalan bersama UKK dan UKM selama dua hari, dan akan ditukar kelompoknya di hari kedua. Untuk dua hari terakhir, akan dilanjutkan oleh Fakultas dan Program Studi masing-masing. []

Reporter: Rahmatillah Basri