Dibuka Langsung oleh Karo AAKK, UKPM Sumberpost Kembali Selenggarakan PJTD 2023

Sumberpost.com | Banda Aceh – Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Sumberpost UIN Ar-Raniry kembali gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang dibuka langsung oleh Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (AAKK) UIN Ar-Raniry, Mirwan Fasta di ruang teater Fakultas Psikologi, Sabtu (14/10/2023).

Dalam sambutannya Mirwan Fasta turut mengapresiasi terkait keberlangsungan PJTD yang merupakan pintu dasar untuk mengenal dunia jurnalistik.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini sebagai pintu dasar untuk bergabung jurnalistik. Apapun yang terjadi sekarang tinggal kita searching dengan cepat, baik itu event nasional maupun internasional,” ujar Mirwan.

Ia juga menambahkan, di era digital ini kita bisa mendapatkan informasi yang cepat hanya dengan menggunakan handphone saja.

Disisi lain Pimpinan Umum Sumberpost, Uly Rahmaty menjelaskan, tema dan fokus capaian PJTD tahun ini adalah bagaimana membentuk jurnalis muda yang kreatif dan kritis dengan tetap memperhatikan etika di era digital.

“Tema dan tujuan tahun ini yakni dengan membentuk jurnalis muda yang kreatif dan kritis di era digital ini dan tetap memperhatikan etika,” ungkap Uly.

Disamping itu, Alumni Sumberpost, Bustami berharap agar kedepannya Sumberpost bisa di atur sebaik mungkin terkait penerbitan karya. Karena di masa ia bergabung di Sumberpost, untuk menerbitkan karya membutuhkan anggaran yang besar.

“Kedepannya semoga Sumberpost bisa manage sebaik mungkin, karena dulu mengeluarkan karya membutuhkan anggaran yang sangat besar,” pungkasnya.

PJTD dengan tema “Membentuk Jurnalistik Muda yang Paham Etika Jurnalistik, Kreatif dan Kritis di Era Digital” merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Sumberpost sebagai langkah awal penerimaan anggota baru.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi media pembekalan para calon anggota baru dengan serangkaian ilmu yang berkaitan dengan ilmu jurnalistik sebelum menghadapi masa magang.[]

Reporter: Sulastriani Br Manik
Editor: Raudhatul Jannah