Lakukan Asesmen Lapangan, UIN Ar-Raniry Sambut Ramah AIPT

Sumberpost.com | Banda Aceh – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh sambut ramah tim Asesmen Lapangan Akreditas Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) yang dilakukan oleh Badan Akreditas Nasional Perguruan tinggi (BAN-PT), kegiatan tersebut berlangsung di gedung Ali Hasyimi, Sabtu (21/10/2023).

Tim Asesor yang ditugaskan BAN-PT yakni Prof Ahmad Thib Raya (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Prof Angkasa (Universitas Jenderal Soedirman), Prof Syamsun Niam (IAIN Tulungagung), Prof Andi Sularso (Universitas Jember) dan Dr Ahmad Yani Anshori (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (SEKDA) Aceh, Bustami Hamzah. Bustami, mengatakan, AIPT merupakan langkah penting dalam menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan di negeri ini. Dalam proses ini kita dapat memastikan bahwa kurikulum, fasilitas, sistem administrasi dan berbagai aspek lain memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh badan akreditasi.

Pada kesempatan ini juga Bustami Hamzah menyampaikan, sampai 3 tahun terakhir UIN Ar- Raniry telah banyak berbenah dan komunikasi yang banyak di bangun dengan pimpinan daerah sangat intens, kerja sama dan kolaborasi dibangun dengan semangat serta bermanfaat bagi rakyat Aceh.

“Sebagai SEKDA Aceh saya sangat menghargai dedikasi dan kerja keras yang telah diberikan oleh seluruh keluarga besar UIN Ar-Raniry, unggulah yang kita idam-idamkan dan cita-citakan beserta pimpinan Aceh semoga Allah mengabulkan dalam proses ikhtiar bersama ini,” katanya.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Mujiburrahman mengucapkan terimakasih banyak atas kehadiran semua terutama tim Asesor sebagai tamu mulia di UIN Ar-Raniry Kampus Energi Kebangsaan, Sinergi Membangun Negeri.

Pada kesempatan yang sama, Prof mujiburrahman menyampaikan beberapa pencapaian yang telah dicapai oleh institusi UIN Ar-Raniry selama tiga tahun terakhir sebagai jihad akademik yang dilakukan secara kolektif berkat dedikasi, kerja keras dan kerja cerdas para pimpinan, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, para mahasiswa, alumni dan kemitraan baik pada level lokal, nasional dan Internasional.

“Selama tiga tahun terakhir UIN Ar-Raniry terus berbenah dan berkomitmen terhadap keunggulan akademik, peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan, penngembangan sarana dan prasarana penunjang pendidikan,” tuturnya

“Peningkatan Tri Dharma perguruan tinggi yang terukur, konsisten, bermutu dan berkelanjutan. Semua jihad dan ikhtiar akademik ini dilakukan tidak lain untuk mencapai kualitas akademik terbaik dan peringkat universitas yang unggul di usia UIN yang mencapai 60 tahun,” lanjutnya.

Sementara itu, ketua tim Asesor, Prof Ahmad Thib Raya menyampaikan terimakasih kepada Rektor UIN Ar-Raniry beserta jajarannya atas sambutan yang dilakukan. Prof Ahmad berharap kegiatan Asesmen Lapangan ini bisa memberikan hasil terbaik bagi kampus UIN Ar-Raniry.

Kegiatan kami ditugaskan oleh Badan Akreditasi Nasional untuk melakukan konfirmasi antara data yang disampaikan di borang dengan realitas yang ada di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Hasil laporan nantinya akan menjadi bahan pertimbangan bagi BAN-PT untuk menilai Akreditasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh,” pungkasnya. []

Reporter: Nadhifa Rahma Putri

Editor: Julia Makhrami