Bela Palestina, Takbir dan Doa Menggema di Bundaran Simpang Lima

Sumberpost.com | Banda Aceh – Ratusan massa Aceh menggemakan Takbir dan doa dalam menggelar aksi damai sebagai bentuk kepedulian untuk membela pelestina. Aksi tersebut berlangsung sejak dini hari di Bundaran Simpang Lima Banda Aceh, Sabtu (21/10/2023).

Tak sedikit massa yang mengibarkan bendera Palestina dan spanduk dengan tulisan “Aceh Bersama Palestina.” Selain menggemakan takbir dan doa, Aksi tersebut juga menggalangkan dana untuk kemanusiaan di Palestina. Aksi tersebut berlangsung damai tanpa mengganggu pengguna jalan di Simpang Lima tersebut.

KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia), FSLDK (Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus), Organisasi Mahasiswa (Ormawa),organisasi kepemudaan, dan gabungan lintas organisasi se-Aceh turun mengikuti aksi tersebut.

Koordinator Aksi, Dedi Muhardi mengatakan, Aksi ini bertujuan memberi suara kepada dunia dengan arti Israel harus menghentikan kejahatan terhadap Palestina.

“Tujuan dari tindakan ini adalah untuk memberi suara kepada dunia yang artinya Israel harus menghentikan kejahatan perang terhadap Palestina,” kata Dedi.

Selain itu, Mahasiswa Aceh, Milda Wulanda menuturkan Aksi ini sebagai wujud kepedulian dan pembelaan terhadap saudara kita di Palestina yang rela memperjuangkan Al-Aqsha.

“Aksi ini sebagai wujud kepedulian dan pembelaan terhadap saudara kita di Palestina. Karna sebagaimana yang diumpamakan dalam Hadis apabila satu organ tubuh sakit maka seluruh anggota tubuhnya juga merasakan sakit, begitu juga apabila seorang muslim sedang merasakan penderitaan maka muslim lainnya juga merasakan penderitaan itu. Jangan sampai kita hanya diam dan buta dengan penderitaan yang saudara kita rasakan di Palestina, mereka rela mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan Al-Aqhsa,” tuturnya.

Milda juga menambahkan harapannya semoga seluruh rakyat Aceh lebih peduli terhadap Palestina, bukan hanya diam.

“Semoga seluruh rakyat Aceh terutama kalangan muda-mudi terbuka matanya melihat aksi ini sebagai wujud kepedulian terhadap Palestina. Semoga semakin banyak yang menyuarakan pembelaan terhadap saudara kita di Palestina dalam bentuk apapun, sesuai kemampuan baik itu bersuara di sosmed atau menyalurkan sebagian harta yang dimiliki. Jangan hanya diam bersimpati tapi tidak beraksi,” harapnya.

Sedangkan peserta Aksi lainnya Syifa Ayla mengatakan, melihat perlakukan yang tidak berperikemanusia terhadap Palestina patut kita mambantunya.

“Saya merasa sangat tidak layak bahkan diluar kemanusiaan diperlakukan saudara muslimin kita di Palestina oleh zionis Israel. Makanya kita patut terus membantunya baik itu melalui doa, sharing di medos, donasi maupun ikut aksi,” pungkas Ayla.[]

Reporter: Julia Makhrami

Editor: Nurul Hidayah