UKM QAF UIN Ar-Raniry Gelar Madinatul Qur’an Ke-9

Sumberpost.com | Banda Aceh – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Qur’an Aplikasi Forum (QAF) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry menggelar Madinatul Qur’an (MQ) ke-9, dengan tema “Membentuk Mahasiswa yang Berkarakter Islami dengan Mengamalkan dan Berpedoman kepada Nilai-Nilai Qur’ani dalam Kehidupan”. Kegiatan ini dilaksanakan di Musalla Rusunawa UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Sabtu (21/10/23).

Pembina UKM QAF, Yuni Roslaili, mengatakan Al-Quran merupakan sebuah mukjizat dan karunia termulia bagi umat Islam dan hidup dibawah naungan Al-Qur’an terasa nikmat. Hal ini dikutip dari Kitab Tafsir Fii Zhilalil Qur’an karya Sayyid Quthb.

“Al-Quran merupakan sebuah mukjizat dan karunia termulia bagi umat Islam dan hidup dibawah naungan Al-Qur’an terasa nikmat, mengutip dari Kitab Tafsir Fii Zhilalil Qur’an karya Sayyid Quthb yang artinya di bawah naungan Al-Quran. Namun kenikmatan tersebut hanya dimiliki oleh orang-orang yang bersahabat dengan Al-Qur’an, yaitu orang-orang yang menghidupkan Al-Qur’an seperti membaca, menghafal, dan mendatabburi Al-Qur’an,” kata Yuni Roslaili.

Disamping itu ketua Umum UKM QAF, Muhajir Maulidi mengapresiasi para kader anggota baru UKM QAF yang telah mengikuti serangkaian proses dari wawancara hingga acara puncak MQ ke-9. Ia juga berpesan tentang komitmen seorang kader untuk terus belajar dan berproses.

“Kami sangat mengapresiasi kader baru yang sudah mengikuti serangkaian proses Open Recruitment dari wawancara hingga acara puncak Madinatul Quran ke-9, namun di UKM QAF ini tidak hanya belajar tahsin saja tetapi mengajarkan kembali ilmunya kepada orang-orang yg belum lancar membaca Al-Quran terkhusus di kalangan mahasiswa. Jadi bagi mahasiswa yang ingin memperbaiki bacaan Al-Qur’an UKM QAF inilah wadah bagi mereka untuk belajar,” katanya.

Selanjutnya Nazar Ajimi sebagai Ketua panitia Madinatul Quran ke-9 juga menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dan diisi oleh lima pemateri yang berkompeten di bidangnya yaitu Al-Qur’an dan leadership.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu 21-22 Oktober 2023 di Mushalla Rusunawa UIN Ar-Raniry yang di isi oleh lima pemateri yg berkompeten pada bidangnya dengan tema besar Al-Qur’an dan leadership,” ujarnya.

Madinatul Quran ialah kegiatan pembekalan ilmu Al-Qur’an, ilmu keislaman, dan leadership dalam berorganisasi untuk kader baru UKM QAF sebagai bentuk pengembangan kecerdasan secara intelektual dan spiritual bagi para kader baru demi terbentuknya insan yang dapat mengamalkan nilai-nilai Al-Quran. [Rel]