Bersama Kanwil Kemenag Aceh FDK UIN Ar-Raniry Kembali Selenggarakan Sertifikasi Pembimbing Haji dan Umrah

Sumberpost.com | Banda Aceh – Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag (Kementerian Agama) Aceh, Kembali adakan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji dan Umrah Mandiri Angkatan II Tahun 2023 dilaksanakan untuk yang kedua kalinya pada di tahun ini selama 8 hari, dari tanggal 23-30 Oktober 2023, di Diana Hotel Kuta Alam, Banda Aceh.

Dekan FDK, Prof. Kusmawati Hatta mengatakan, tahun ini setifikasi sudah diadakan dua kali begitu juga kedepannya.

“Pada tahun ini kita sudah melaksanakan dua kali sertifikasi, untuk kedepannya kita akan laksanakan juga setahun dua kali,” ungkap Kusmawati.

Dalam sambutan pembukaan kegiatan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji dan Umrah ini Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Mujiburrahman melalui Wakil Rektor III Prof. Saifullah Idris menyatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkanpelayanan terhadap jamaah haji dan umrah.

“Kegiatan sertifikasi ini dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap jamaah haji dan umrah selaku penerima layanan dari pembimbing Haji dan Umrah,” katanya.

Disisi lain Azhar, mewakili Kanwil Kemenag Aceh sekaligus sebagai Asesor sertifikasi menuturkan, kegiatan ini berguna untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang handal dalam memberikan pelayanan kepada tamu Allah.

“Perlunya kegiatan sertifikasi ini untuk Peningkatan kualitas, kreatifitas dan integritas,” tutur Azhar.

Kegiatan yang diikuti oleh 36 peserta dari seluruh Aceh. Yang terdiri dari 5 orang peserta perempuan dan 31 orang peserta laki-laki.

Pelaksanaan Ibadah Haji yang masa tunggu cukup lama, mencapai 23 tahun lamanya. Sehingga kondisi ini berdampak pada meningkatnya antusias masyarakat untuk berangkat ke Mekkah-Madinah untuk umrah. [Rel]