UIN Ar-Raniry Banda Aceh, PTKIN Pertama Terakreditasi Unggul BAN-PT dengan Standar Kriteria 9

Sumberpost.com | Banda Aceh – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh berhasil meraih akreditasi Perguruan Tinggi dengan predikat Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Predikat akreditasi Unggul dari BAN-PT berlaku sejak tanggal 24 Oktober 2023 hingga 24 Oktober 2028 mendatang.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Mujiburrahman menyampaikan rasa syukur atas prestasi yang diraih UIN Ar-Raniry Banda Aceh ini. Rektor juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas kepercayaan stakeholders, pemerintah, rekanan industri, orangtua, dan masyarakat yang telah mendukung hingga UIN Ar-Raniry Banda Aceh terus mengukir prestasi.

“UIN Ar-Raniry Banda Aceh menjadi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) pertama yang meraih Akreditasi Unggul dari BAN-PT dengan standar kriteria 9,” ujar Rektor Prof Mujiburrahman, Selasa (24/10/2023).

Menurutnya, capaian ini tidak terlepas dari kerja keras, kerja sama, dan dedikasi seluruh elemen sivitas akademika yang terus menguatkan komitmennya untuk mengembangkan kampus ini dalam sinergi, kolaborasi dan inovasi. Menurut Rektor, prestasi ini bukan hanya milik UIN Ar-Raniry Banda Aceh tapi merupakan sebuah kebanggaan kolektif bagi masyarakat Aceh. Keberhasilan UIN Ar-Raniry Banda Aceh meraih akreditasi Unggul, setidaknya menunjukkan bahwa kampus ini terus berbenah dengan terus meningkatkan kualitas mutu layanan pendidikan dan akademik.

“Kesemua ikhtiar dan jihad akademik tersebut dilakukan tidak lain untuk mencapai kualitas akademik terbaik dan peringkat university yang unggul di usia yang tua ini, karena UIN Ar-Raniry pada Milad tgl 5 Oktober 2023 genap berusia 60 tahun,” ungkap Prof Mujib.

Sementara itu, Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kelembagaan Prof Muhammad Yasir Yusuf menyampaikan, berdasarkan data yang dirilis, Selasa (24/10/2023) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) UIN Ar-Raniry Banda Aceh mendapat nilai 373 dengan predikat Unggul.

Menurutnya, Akreditasi Perguruan Tinggi menjadi ukuran mutu pendidikan yang diselenggarakan oleh UIN Ar-Raniry dan menjadi tolak ukur bagi lembaga ataupun industri penyerap lulusan UIN Ar-Raniry, untuk memastikan bahwa lulusan tersebut berkualitas karena dihasilkan dari proses pengelolaan yang dijalankan dengan baik. [Rel]