TPQ Fathun Qarib UIN Ar-Raniry Raih Peringkat Keempat Juara Umum Lomba FASI 2023

Sumberpost.com | Banda Aceh – Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Fathun Qarib (FQ) UIN Ar-Raniry meraih peringkat keempat sebagai juara umum lomba Festival Anak Soleh (FASI) se-kota Banda Aceh yang diselenggarakan di Masjid Abdur Rauf Blang Oi, kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh, Minggu, (12/11/2023).

Direktur TPQ Fathun Qarib, Mauliza, berharap semoga para santri yang berhasil memperoleh juara tidak cepat puas dengan apa yang mereka peroleh. Ia mengingatkan bahwa juara yang mereka dapatkan semata karena pemberian Allah SWT yang diiringi dengan latihan serta doa.

“Harapannya semoga ananda semuanya tidak puas dengan hasil yang diraih, hadiah atau juara yang mereka dapatkan hari ini karena takdir dari Allah SWT, berkah dari kerja keras berupa latihan, maupun doa-doa dari orang sekelilingnya baik orangtua maupun ustadz-ustadzah,” harap Mauliza.

Ia juga berharap agar para pemenang terus menggali pengetahuan, baik yang sudah mereka miliki maupun yang belum mereka pelajari dan mempersiapkan diri menuju tingkat provinsi.

“Semoga mereka bisa mengharumkan nama kota Banda Aceh, khususnya nama TPQ Fathun Qarib di tingkat provinsi dan jika dibuat tingkat nasional semoga mereka dapat lanjut ke tingkat nasional,” katanya.

Disamping itu, ia berpesan kepada santri yang belum memperoleh juara untuk tidak berkecil hati dan terus belajar agar apa yang menjadi kekurangan hari ini bisa lebih ditingkatkan lagi di masa yang akan datang.

“Jangan berkecil hati, karena ini adalah takdir dari Allah SWT, meskipun kita telah berusaha sekuat tenaga, jika Allah menakdirkan belum waktunya, maka belum Allah beri. Terus belajar, semoga tahun depan bisa memperoleh juara. Tetap patuh kepada orangtua dan ustadz-ustadzah agar ilmu yang diperoleh menjadi berkah,” pungkasnya.

Perlombaan FASI yang diselenggarakan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-kanak Al- Quran (LPPTKA), Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Banda Aceh ini berlangsung selama dua hari yakni tanggal 11-12 November 2023.

Adapun perlombaan terdiri dari tiga tingkatan, yakni tingkat Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an (TKA), Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dan Ta’limul Qur’an lil Aulad (TQA).

Lomba tingkat TKA meliputi lomba tartil, azan dan iqamah, ceramah agama islam bahasa indonesia dan mewarnai. Tingkat TPA yakni tartil Al-Qur’an, azan dan iqamah, ceramah agama islam bahasa indonesia, cerdas cermat agama, menggambar. Sedangkan tingkat TQA, terdiri dari tilawah Al-Qur’an, tahfizd juz 30, ceramah agama islam bahasa indonesia, cerdas cermat agama.

Pendamping kontingen TPQ Fathun Qarib, Uli Akbar menyebutkan, dari 13 cabang perlombaan, TPQ FQ berhasil meraih juara pada 9 lomba, yaitu juara 1 CCA TPA, juara 2 CCA TQA, juara 1 tartil TKA putra, juara 2 tartil TPA putri, juara 1 pidato TPA putra, juara 3 tilawah putri, juara harapan 2 mewarnai putra, Juara harapan 3 mewarnai putri dan juara harapan 3 menggambar putri.

Para pemenang juara 1 ini nantinya akan bertarung pada FASI tingkat provinsi yang dilaksanakan di Aceh Barat Daya (ABDYA) pada 22-24 November 2023 mendatang. []

Reporter: Widdatul Hasanah
Editor: Raudhatul Jannah