Meriahkan Milad UIN Ar-Raniry ke-60, UP Selenggarakan Gala Premiere Film Tading Alas

Sumberpost.com| Banda Aceh – Universitas Project (UP) selenggarakan Gala Premiere Film Tading Alas di momen Milad Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry yang ke – 60 di Auditorium Aly Hasjmy, Banda Aceh, Kamis (30/11/2023).

Dalam hal ini, Belli Bel Fatjeri selaku sutradara dalam film Tading Alas menjelaskan, film ini bertujuan untuk menginspirasi banyak orang dan menjadi landasan serta gambaran bagi para adik-adik Sekolah Menengah Atas (SMA) bahwa beginilah dunia perkuliahan.

“Jadi setelah serial pertama Emas Biru, kemudian Tading Alas, dari Film yang sudah sama sama kita tonton tadi dapat menggambarkan bahwa kuliah di UIN itu seru loh, kuliah di UIN itu mengasyikkan, kuliah di UIN itu tidak seperti orang bayangkan,” jelas Fatjeri.

Bukan hanya itu saja, Fatjeri juga menyampaikan, dengan adanya film ini dapat membuang persepsi masyarakat yang beranggapan bahwa kuliah di UIN itu ‘masuknya mudah dan tamatnya susah.

Disamping itu pula, Fatjeri juga mengungkapkan, produksi film Tading Alas ini memakan waktu hingga 6 bulan. Mulai dari pasca, pra hingga akhirnya dapat disaksikan oleh seluruh mahasiswa dan staf selingkungan UIN Ar-Raniry.

Film tersebut berisikan tentang krtikan dan keluh kesah para mahasiswa yang memiliki beberapa hambatan dan kendala saat di bangku perkuliahannya. Karena, tak semua mahasiswa itu bisa menempuh jalan pendidikannya secara lancar.

“Dari film itu kami mengangkat sebuah isu, yang dimana ditahun 2019 dulu ada salah satu mahasiswi bidik misi yang dapat menyelesaikan kuliahnya hingga wisuda dan ketika wisuda ia diantar oleh ayahnya dengan becak, karena ayahnya berprofesi sebagai tukang becak,” lebih lanjut tutur Fatjeri.

Dalam hal ini, Fatjeri menegaskan, dari isu-isu mahasiswa yang ada di UIN Ar-Raniry bisa dijadikan sebuah film motivasi yang layak untuk ditonton oleh semua kalangan orang.

Dari sini kita dapat melihat masih ada mahasiswa yang berjuang untuk bisa berkuliah walaupun terkendala ekonomi. Kemudian, perjuangan mahasiswa untuk berkuliah di UIN walaupun ia bertempat tinggal di wilayah terpencil sehingga membuat perjalanannya sulit untuk dilalui.

“ Saya harap dari film ini dapat menginspirasi untuk kita semua,” tegasnya.

Fatjeri juga berterima kasih kepada UIN Ar-Raniry yang telah meresmikan Film Tading Alas, Serial kedua dari film Emas Biru. Yang mana pada hal ini juga termasuk momentum bagi Universitas Project, bahwasannya mahasiswa UIN Ar-Raniry itu bisa menghasilkan karya film seperti ini, baik dalam ruang lingkup kecil maupun besar.[]

Reporter: Anzelia Anggraini

Editor: Julia Makhrami