Tingkatkan Kemampuan Jurnalis Muda, Sumberpost Adakan Kunjungan Perdana ke Kantor Serambi Indonesia

Sumberpost.com | Banda Aceh – Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Sumberpost mengadakan kunjungan ke kantor Serambi Indonesia dalam rangka silaturrahmi dan peningkatan pengetahuan anggota, Kamis (30/11/2023).

Kegiatan ini dibuka dengan diskusi bersama Bukhari M. Ali selaku news manager Serambi. Ia menyampaikan, di Serambi tidak hanya ada produk cetak saja yakni koran melainkan, juga tersedia Serambi online, podcast dan Serambi radio. Hal ini dilakukan demi mengikuti perkembangan zaman di era digital.

“Serambi sekarang mempunyai beberapa produk disamping print dan cetak. Kita juga punya Serambi online, Serambi podcast dan Serambi radio dalam ranah media digital,” ujarnya.

Salah satu pegawai konten kreatif Serambi, Yeni hardika menyampaikan, fungsi wartawan adalah mengklarifikasi informasi yang menyebar di masyarakat. Sekalipun berita yang disebar adalah hoaks, tetap harus diklarifikasi.

“Informasi yang beredar di media sosial, kita tidak bisa menerima mentah-mentah harus kita luruskan dan itulah fungsinya wartawan,” jelas Yeni.

Pimpinan Redaksi Sumberpost, Nurul Hidayah mengatakan, kunjungan ini menjadi kunjungan perdana bagi Sumberpost dan akan dilakukan secara rutin kedepannya.

“Rencana mau dibuat kegiatan rutin, tapi bukan ke Serambi aja melainkan ke beberapa media lainnya,” ucap Nurul.

Selain diskusi dan perkenalan Serambi secara umum, kunjungan ini juga diisi dengan mengunjungi per ruangan seperti ruang redaksi, ruang radio, dan ruang percetakan. Selain diperlihatkan ruangan redaksi, para anggota juga dibawa menuju ruang radio dan diberi contoh langsung bagaimana mengontrol suara dan cara-cara menjadi penyiar yang baik dan dapat menghibur pendengar.

Kunjungan ini ditutup dengan memasuki ruangan percetakan yang didalamnya terdapat banyak mesin untuk mencetak surat kabar. []

Reporter: Alya Ulfa
Editor: Raudhatul Jannah