Tersebar di Beberapa Daerah di Aceh, 137 Pengungsi Rohingnya Kembali Diamankan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sebanyak 137 pengungsi rohingnya kembali diamankan di depan kantor Gubernur Aceh, usai tersebar di beberapa daerah di Aceh. Diantaranya 200 di Kabupaten Bireuen, 150 di Kabupaten Pidie dan 137 di Banda Aceh.

Relawan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Arif menuturkan, sejumlah warga Rohingya sudah diamankan sambil menunggu keputusan dari gubernur.

“Kami dari jam 11 malam mengamankan mereka supaya tidak lari. Sekarang kita menunggu keputusan dari gubernur,” tutur Arif saat diwawancarai Sumberpost, Banda Aceh, Senin, (11/12/23).

Relawan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), Fahrul menjelaskan, sebelumnya mereka berada di Lamreung, Aceh Besar. Namun medapat penolakan dari warga setempat, dan dibawa ke Pidie.

“Sebenarnya mereka habis insya dibawa dari Lamreung ke Pidie namun ditolak oleh masyarakat Pidie. Setelah itu baru dibawa ke Banda Aceh,” jelasnya.

Adapun relawan yang ikut mengamankan pengungsi rohingnya terdiri dari anggota polisi, Palang Merah Indonesia (PMI), Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPPA), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan RAPI. []

Reporter: Raudhatul Jannah (Mag)
Editor: Julia Makhrami