Peduli Banjir, HMP PBL Salurkan Dana kepada Korban Banjir

Sumberpost.com | Banda Aceh – Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi (HMP-PBL), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), UIN Ar-Raniry sukses melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peduli Bencana Alam dan Penyaluran yang dilaksanakan di desa Rikitbur, kecamatan Bukit Tusam, Aceh Tenggara, Selasa (26/12/2023).

Salah satu penduduk, Siti Suwarni menyampaikan, banjir terjadi setelah sholat maghrib dengan di awali hujan deras. Saat terjadi hujan deras mengakibatkan terjadinya longsor yang berdampak besar terhadap warga. 12 rumah hanyut ada juga rumah yang mengalami kerusakan. Banjir juga banyak menelan korban, salah satunya Darwis yang sehari-hari dikenal sebagai pengemudi.

“Salah satu korban banjir, Darwis, yang berprofesi sebagai pengemudi mengantar dan menjemput anak-anak sekolah, jasadnya di temukan sehari setelah kejadian dan ditemukan di lokasi yang cukup jauh di daerah persawahan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan lebih dari 50 tahun tinggal di desa Rikitbur, baru kali ia merasakan banjir yang melanda seperti sekarang yang banyak memakan korban jiwa.

“50 tahun sudah ibu tinggal di Rikitbur ini, baru kali ini banjir melanda desa kami, sedih kali lah kami waktu kejadian itu perasaan kami kami gak hidup lagi waktu mendengar suara air yang turun disertai kayu-kayu yang besar,” katanya.

Ayu Wulandari, bagian dari mahasiswa PBL UIN Ar-Raniry Banda Aceh sangat sedih melihat keadaan daerahnya yang dilanda banjir dan dia sangat bersyukur karena jadi bagian dari prodi PBL yang memiliki rasa kepedulian yang tinggi.

“Di Pendidikan Biologi rasa kepedulian sesama itu ada dan tercipta,” pungkas Ayu.

Rikitbur sesuai namanya merupakan dataran yang tinggi. Banjir yang terjadi di Rikitbur di harapkan ini yang pertama dan yang terakhir.

Warga yang tertimpa musibah hilangnya rumah dan lainnya masih menunggu bantuan dari pihak sosial terkait pembangunan rumah mereka.

Kegiatan Sosialisasi HMP-PBL Peduli Bencana dan Penyaluran Donasi Program Studi PBL FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Civitas Akademik dan HMP PBL terhadap masyarakat setempat yang terkena dampak banjir. [Rel]