Perdana, TPQ Fathun Qarib Adakan Kelas Parenting Bagi Wali Santri dan Pengajar

Sumberpost.com | Banda Aceh – Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Fathun Qarib mengadakan kelas parenting bagi wali santri dan pengajar yang bertema “Merajut Kasih Sayang Ayah Bunda dalam Membentuk Karakter Anak di Era Digital”. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Sabtu (27/1/2024).

Kegiatan ini perdana dilakukan oleh TPQ Fathun Qarib. Kelas parenting tersebut bertujuan untuk memberi bekal kepada pengajar Fathun Qarib tentang bagaimana mendidik anak dengan baik sebelum akhirnya menjadi orang tua. Selain itu, kegiatan ini juga ditujukan untuk wali santri agar dapat memperdalam ilmu parenting, mengingat pendidikan pertama bermula dari pendidikan orang tua di rumah.

Direktur TPQ Fathun Qarib, Mauliza menjelaskan, alasan tema tersebut diangkat karena gadget memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap pola pikir anak. Ia mengatakan, kebiasaan anak zaman dahulu dengan zaman sekarang yang serba digital sangatlah berbeda, hingga berdampak pada akhlak mereka.

“Pengaruh hp atau gadget berpengaruh pada pola pikir anak, dulu anak-anak bermain yang sifatnya fisik, sekarang lebih ke mata, tangan dan gadget, akhlak anak zaman sekarang sangat jauh berbeda dengan anak zaman dulu,” jelasnya.

Kelas parenting ini turut menghadirkan pemateri yakni Maria Ulfa. Dosen Fakultas Psikologi UNMUHA ini memberikan materi terkait karakteristik dan fitrah anak, peran orang tua, tantangan di era digital dan solusinya. Selain itu, ia juga turut memberi tips agar anak dapat terbuka dengan orang tua.

Salah seorang wali santri, Yusnidar, mengatakan, banyak ilmu yang ia dapat dari kelas parenting tersebut. Ia merasa ilmu tersebut dapat menjadi bekal ia dalam mendidik anak-anaknya sebelum terlambat.

“Mungkin ada yang sudah pernah saya tau dan saya pelajari, tetapi mungkin lupa, jadi kita perlu diingatkan. Dengan adanya kegiatan ini saya jadi ingat kembali, ada ilmu baru lagi, jadi ini berharga bagi saya karna menjadi bekal saya dalam mendidik anak-anak sebelum terlambat,” ucapnya. []

Reporter: Widdatul Hasanah

Editor: Raudhatul Jannah