UIN Ar-Raniry Luluskan 1.635 Wisudawan pada Gelombang I

Sumberpost.com | Banda Aceh – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh kembali menggelar Wisuda Gelombang I Program Doktor, Magister dan Sarjana Tahun Akademik 2023/2024, di Gedung Auditorium Prof Ali Hasjmy Darussalam Banda Aceh, Selasa (30/1/2023).

Wisuda yang digelar dari tanggal 30 sampai 31 Januari ini dihadiri oleh 1.635 wisudawan. Terdiri dari 8 lulusan Program Doktor, 58 lulusan Program Magister dan 1.569 lulusan Program Sarjana dari 9 Fakultas.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Mujiburrahman dalam arahannya menyampaikan bahwa untuk para lulusan berprestasi dengan lulusan cumlaude, lembaga akan memfasilitasi biaya pendidikan untuk melanjutkan S2 kepada para mahasiswa tersebut.

“Insyaallah nantinya lembaga akan memberikan biaya pendidikan kepada mahasiswa kami yang yang terbaik tersebut,” ujar Prof Mujib.

Sebelum itu, Wakil Rektor (Warek) I Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dr Muhammad Yasir Yusuf, dalam laporannya menyampaikan, lulusan terbanyak masih didominasi oleh perempuan yaitu sebanyak 1.054 lulusan sedangkan laki-laki sebanyak 581 lulusan.

“Dari perbandingan jumlah persentase kelulusan berdasarkan jenis kelamin, maka masih didominasi oleh wisudawati sebanyak 1.054 lulusan, berbanding terbalik dengan laki-laki sebanyak 581 lulusan,” jelas Warek I.

Diakhir warek I menyatakan bahwa seluruh lulusan S1 dengan predikat cumlaude diberikan izin untuk melanjutkan kuliah di Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh tanpa melalui tes, sesuai dengan bidang ilmu masing-masing.

“Pada wisuda kali ini dan ini yang pertama terjadi di UIN Ar-Raniry, bahwa semua lulusan dengan predikat cumlaude, sebanyak 78 lulusan wisuda kali ini dari jenjang S1, diizinkan untuk diterima melanjutkan kuliah di Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh lulus tanpa tes sesuai bidang ilmu mereka,” pungkasnya.

Wisudawan dan wisudawati pada Fakultas Syari’ah dan Hukum sebanyak 208 lulusan, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 681 lulusan, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat 77 lulusan, Fakultas Dakwah dan Komunikasi 132 lulusan, Fakultas Adab dan Humaniora 116 lulusan.

Kemudian, untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 146 lulusan, Fakultas Sains dan Teknologi sebanyak 104 lulusan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan 79 lulusan, dan Fakultas Psikologi sebanyak 26 lulusan. []

Reporter: Lukluk Chasanah
Editor: Raudhatul Jannah