Ciptakan Regenerasi Kepengurusan Baru, UKK Menwa Kembali Adakan Sertijab

Sumberpost.com | Banda Aceh – Unit Kegiatan Khusus (UKK) Resimen Mahasiswa (Menwa) Batalyon 102 Rencong Sakti Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh kembali selenggarakan Serah Terima Jabatan (Sertijab) komandan yang menandakan berakhirnya kepengurusan periode 2023 kepada periode 2024 yang dilaksanakan di Lapangan Biro Rektorat kampus setempat, Rabu (7/2/2024).

Sertijab ditandai dengan pelepasan tanda jabatan dari komandan menwa sebelumnya, Muhammad Putra Pratama kepada komandan menwa baru Ahmad Furqan.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Ar-Raniry sekaligus inspektur upacara, Jasafat mengatakan, dengan penyerahan tongkat komando, yang telah dilaksanakan menunjukkan terjadinya regenerasi kepengurusan Menwa.

“Penyerahan tongkat komando, berarti kita telah melaksanakan regenerasi kepengurusan Menwa, yang memang merupakan sebuah tradisi mahasiswa yang mengikuti berbagai organisasi yg ada di perguruan tinggi. Dan alhamdulillah pada hari ini Menwa telah menunjukkan eksistensinya sebagai sebuah organisasi yang mampu hadir, ikut, dan turut membentuk moral mahasiswa lainnya, menjadi teladan bagaimana sikap kepribadian Menwa,” ujarnya.

Jasafat juga menyebutkan bahwa Menwa bukanlah organisasi politik maupun organisasi kemasyarakatan. Tetapi ini merupakan organisasi pelengkap, sebagai cadangan yang diperlukan oleh Negara, dilatih oleh negara.

Kemudian jika suatu saat diperlukan untuk memperkuat negara, maka yang utama dipilih adalah menwa, karena menwa dapat dikatakan sebagai Resimen. Disaat mereka sudah memasuki arena pelatihan didikan secara militer, kedisiplinan, dan kepribadian yang dididik dalam ilmu kemiliteran. Inilah yang dijadikan ciri khas Menwa.

Sementara itu, komandan baru Ahmad Furqan mengatakan akan berbuat yang terbaik untuk pengembangan dan eksitensi Menwa Yon 102 Rencong sakti.

“Alhamdulillah di hari yang baik ini, saya terima estafet kepemimpinan dengan penyerahan tongkat komando. Semoga jabatan yang saya emban menjadi pelajaran dan pengalaman yang baik, untuk diri saya sendiri dan semoga saya bisa berbuat yang terbaik untuk pengembangan dan rksitensi Menwa Yon 102 Rencong sakti. Saya berharap Menwa kembali kepada masa kejayaannya bisa mandiri dan dapat menjadi pelopor rasa cinta tanah air dan semangat bela negara baik sesama mahasiswa maupun di tengah masyarakat,” pungkasnya. []

Reporter: Cut Wulandari Sukma

Editor: Julia Makhrami