Mahasiswa KPM Lamdingin Ajak Anak-Anak Ikuti Pesantren Kilat

Sumberpost.com | Banda Aceh – Mahasiswa program Kegiatan Pengabdian Masyarakat (KPM) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry melaksanakan program kerja Pesantren Kilat dengan tema: “Pesona Ramadhan: Puasaku Totalitas, Ramadhanku Berkualitas, Belajarku Tuntas”. Kegiatan ini berlangsung di Masjid Al-Abrar Lamdingin, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, dan dilaksanakan selama 2 hari yakni 16-17 Maret 2024.

Ketua KPM gampong Lamdingin, Alfin berharap agar kegiatan ini bisa membawa manfaat bagi adik-adik dan bisa diamalkan dalam berkehidupan sehari-hari.

“Kami berharap acara yang kami selenggarakan dalam 2 hari akan membawa manfaat dan ilmu yang dapat adik-adik amalkan di kehidupan sehari-hari. Kami sangat berterimakasih atas antusias adik-adik dalam mengikuti kegiatan pesantren kilat ini. Saya berharap setiap peserta dapat menjadikan pesantren kilat ini sebagai pengalaman dan kenangan yang tak terlupakan,” ungkap Alfin.

Kegiatan ini didukung penuh oleh Geuchik gampong Lamdingin dan Direktur Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA/TPQ) Syiah Kuala beserta seluruh masyarakat Lamdingin. Dengan harapan, kegiatan ini akan membawa dampak baik untuk anak-anak sekaligus mengisi keseharian agar bermanfaat dalam bulan suci Ramadhan.

Pesantren Kilat yang bertema Pesona Ramadhan ini dihadiri oleh mayoritas anak-anak jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dalam periode singkat namun penuh makna, pesantren kilat ini menyajikan rangkaian kegiatan yang menggugah hati, mulai dari pembukaan hingga berbagai aktivitas yang memperkaya jiwa. Peserta diberikan kesempatan untuk memperdalam pemahaman mereka terhadap Al-Qur’an dan materi keislaman. Dengan bimbingan langsung dari mahasiswa KPM, mereka dibimbing dalam membaca, memahami, dan merenungkan makna-makna yang terkandung di dalamnya.

Melalui rangkaian kegiatan yang beragam dan menyeluruh ini, Pesantren Kilat Pesona Ramadhan diharapkan dapat memberikan ilmu yang bermanfaat dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. [Rel]