Ini Dia Negara dengan Durasi Berpuasa Tercepat dan Terlama Berbuka

Sumberpost.com | Banfa Aceh – Saat ini seluruh umat muslim di seluruh dunia sedang melakukan ibadah puasa Ramadhan, bagaimana ibadah puasa kalian? Pasti lancar dongg!

Seluruh umat muslim di dunia tahu bahwa puasa dengan menahan diri dari makan, minum, dan segala perbuatan yang dapat membatalkan puasa dilakukan mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Meski memiliki penanda yang sama, setiap negara di dunia mempunyai durasi waktu berpuasa yang berbeda-beda lho! Hal ini dikarenakan perbedaan letak geografis dan adanya pergerakan bumi, yaitu rotasi dan revolusi.

Akibat hal tersebut, ada beberapa negara yang memiliki durasi berpuasa tersingkat bahkan ada negara yang dua kali lipat lebih lama dari Indonesia, lho! Yuk simak daftar negara dengan durasi bebuka terlama!

Dilansir dari laman Al-Jazeera yang bersumber dari Islamic Finder, berikut adalah daftar negara yang memiliki durasi puasa tercepat dan terlama.

Pada tahun ini, tercatat bahwa negara-negara dengan durasi puasa tercepat adalah Kota Christchurch (Selandia Baru) dan Buenos Aires ( Argentina) berdurasi 12 jam; Melbourne (Australia) berdurasi 12 jam 55 menit; Nairobi (Kenya) berdurasi 13 jam; Jakarta (Indonesia) berdurasi 13 jam 10 menit; Lagos (Nigeria) berdurasi 13 jam 29 menit dan Makkah (Arab Saudi) berdurasi 13 jam 44 menit.

Kemudian, Nuuk kota yang terletak di Greenland tercatat sebagai kota dengan durasi berpuasa paling lama tahun ini, yaitu 17 jam 52 menit. Setelah itu ada kota Helsinki, Finlandia dengan durasi 17 jam 9 menit.

Oslo (Norwegia) tercatat sebagai kota ke tiga lama dengan durasi 16 jam 54 menit. Sedangkan Madrid (Spanyol) dengan durasi 16 jam, dan Paris (Perancis) dengan durasi 15 jam. London (Inggris) lebih cepat dibanding 3 kota sebelumnya yaitu dengan durasi 14 jam 55 menit. Terakhir adalah Istanbul (Turki) dengan durasi 14 jam 30 menit.

MasyaAllah! Beragam banget ya durasi berpuasa di berbagai belahan dunia, Mimin jadi pengen deh ngerasain berpuasa di semua negara diatas. Buat Sobat SP dan umat muslim di seluruh dunia yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Terlepas dari durasi waktu yang berbeda-beda kita harus tetap semangat dan menjaga stamina di bulan suci ini agar dapat melakukan ibadah puasa dengan optimal, mari tingkatkan amal ibadah dan semoga kita semua mendapat keberkahan dan rahmat dari Allah SWT. []

Reporter: Fathin Zahra Affan

Editor: Julia Makhrami