Tips Jitu Khatam Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Halo Sobat SP bagaimana puasa hari ini? Duhh… pastinya masih semangat kan, walaupun sambil rebahan dibarengin scroll Tiktok dan main instagram. Tapi sayang banget nggak sih kalau di bulan yang penuh dengan ampunan ini di sia-siakan begitu saja tanpa meningkatkan ibadah kita? Rugi dongg. Nah, untungnya kali ini, Mimin mau bagi bagi tips dan trik untuk Sobat SP semua, agar di bulan Ramadhan ini bisa upgrade ibadah dan mendapatkan pahala yang berlipatganda, walaupun tugas kuliah juga sama sama berlipatganda.

Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang sangat dinanti-nati oleh seluruh umat muslim sedunia. Bagaimana tidak, bulan yang penuh dengan rahmat dan ampunan ini dimanfaatkan oleh semua muslim untuk berlomba-lomba dalam mencari pahala dan amalan kebaikan. Salah satu amalan yang sangat tepat untuk diperbanyak adalah membaca Al-Qur’an. Tidak sedikit dari semua muslim dibulan Ramadhan yang ingin mengkhatamkan Al-Qur’an sebanyak-banyaknya dalam satu bulan, demi mengejar pahala dari Allah SWT.

Dalam hal ini, Putri Salsabila, salah satu Mahasiswi jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, memberikan tips dan trik untuk mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadhan secara cepat. Perempuan yang lebih akrab dipanggil Caca ini termasuk mahasiswi yang memiliki segudang prestasi. Ia telah mengikuti banyak event Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), baik dari tingkat Daerah, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga Nasional. Baru-baru ini, ia memenangkan juara 3 lomba MHQ tingkat Nasional kategori 30 Juz pada Event Qur’an Fest 2024 Daarul Huffadz Indonesia secara online.

Pada kesempatan kali ini, Caca ingin menginspirasi Sobat SP dengan memberikan Trik dan Tips jitu khatam Al-Qur’an di bulan Ramadhan. Apa saja ya kira-kira? Yuk sama sama kita simak penjelasan berikut:

1. Buat Target perharinya
Dalam hal ini, setiap orang harus memiliki target atau planning masing-masing dalam beribadah, khususnya membaca Al-Qur’an. Tujuan dari hal tersebut, agar kita senantiasa konsisten dan lebih terkonsep.

2. Konsisten terhadap diri sendiri
Nah, setelah membuat planning, maka selanjutnya adalah konsisten untuk mengerjakan apa yang telah dirancang. “ Kita mau khatam bukan hanya sekedar target, tapi juga untuk memotivasi diri kita menjadi yang lebih baik lagi” pesan Caca.

3. Bertanggung Jawab terhadap komitmen yang telah dijanjikan
Setelah kita konsisten dalam untuk membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadhan secara rutin dan ingin mengkhatamkannya dengan cepat, maka kita harus bertanggung jawab atas komitmen yang telah kita janjikan. Dengan begitu, kita akan terbiasa untuk bertanggung jawab terhadap komitmen yang kita buat sendiri.

4. Kejar 2 juz perhari
Nah ini dia nih tips jitu yang diberikan oleh Caca. Dengan target 2 juz perhari, maka kita akan bisa mengkhatamkan Al-Qur’an sebanyak 2 kali selama bulan puasa. Wahh siapa yang nggak mau bisa khatam 2 kali di bulan Ramadhan? Trik ini dapat dilakukan bagi siapa yang mampu, kalau Sobat SP merasa tidak mampu untuk membaca Al-Qur’an 2 Juz perhari, maka bisa ditargetkan sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

5. Sempatkan membaca Al-Qur’an di waktu luang
Memanfaatkan waktu bersantai dengan kegiatan yang menguntungkan jauh lebih baik daripada mengerjakan hal yang hanya membuang-buang masa dan tidak memiliki manfaat bagi diri sendiri. Dalam hal ini, Caca memberikan tips untuk Sobat SP yang ingin mengkhatamkan Al-Qur’an dengan cepat di bulan Ramadhan dengan cara menyempatkan waktu untuk membaca Al-Qur’an di waktu luang.

“Bagi Caca, waktu enak untuk membaca Al-Qur’an itu setelah shalat dhuha dan sebelum berbuka puasa,” jelas Caca.

6. Berjuang dengan sekuat tenaga

Caca menyatakan, jika sudah diselimuti dengan rasa kemalasan, dirinya langsung teringat akan Palestina yang mempunyai semangat beribadah meski dalam kondisi perang.


“Caca kalau udah malas, pasti Caca langsung ingat Palestina. Mereka sangat luar biasa semangatnya dalam beribadah kepada Allah walaupun lagi berperang. Dari situlah, semangat Caca dapat timbul lagi,” ucap Caca.


Dalam hal ini kita sepatutnya malu, sadar akan dosa yang bergelimang dimana-mana namun kita masih tidak memanfaatkan waktu yang kita punya dengan mendekatkan diri kepada Allah. Perjuangan yang kita lakukan sekarang tidak sebanding dengan perjuangan saudara kita di Palestina sana. Walaupun dalam keadaan berperang, mereka tetap melakukan amalan ibadah puasa sebagaimana umat muslim lainnya. Maka bersyukurlah kita dengan keadaan yang sehat dan mampu untuk beribadah dengan tenang. Berjuanglah dengan sekuat tenaga untuk mencari ridha dan cinta dari Allah SWT di bulan yang penuh ampunan ini. []

Reporter: Anzelia Anggrahini