Raih Prestasi Gemilang, Mahasiswa UIN Ar-Raniry Jadi Wasit Sepak Bola Lisensi Nasional

Sumberpost.com | Banda Aceh – Al Hakan Jazuli Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh meraih prestasi menjadi Wasit Sepak Bola Lisensi Nasional setelah melewati rangakaian seleksi dan kursus untuk wasit lisensi C1 Nasional yang dilaksanakan oleh Departemen Perwasitan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Bogor, Sabtu (02/03/2024).

Al Hakan Jazuli sebelumnya sudah pernah memimpin pertandingan-pertandingan lokal provinsi Aceh. Terakhir kali Al hakan memimpin pertandingan di LIGA 3 Aceh Group D di Langsa sebagai Assisstant Referee. Ia juga memberikan beberapa pengalaman suka dan dukanya menjadi seorang wasit. Namun, ia mengaku tak pernah menyerah untuk berjuang.

“Cita-cita saya tentunya memimpin Piala dunia. Saya rasa semua wasit punya cita-cita yang sama. Ayah Saya mungkin paling tinggi Pra-Piala Dunia (kualifikasi). Semoga saya bisa lewati rekor ayah.” Kata Al Hakan Jazuli.

Dalam hal ini, Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria turut hadir dan menjelaskan terobosan dari perwasitan PSSI, tentunya atas arahan dan visi dari ketua umum PSSI bapak Erick Thohir untuk bertransformasi menuju PSSI yang lebih maju, efektif serta efisien dalam menjalankan program.

“Ini merupakan suatu kebanggaan karena C1 ini dipimpin langsung oleh instrukur Federation International De Football Association (FIFA) dan kami mengedepankan kualitas nomor satu. Artinya, kursus ini tidak dipungut biaya, akan tetapi hanya melalui benar-benar seleksi yang ketat untuk mengedepankan kualitas,” Jelas Tisha.

Adapun instruktur FIFA yang dimaksud ini adalah Subkhiddin Mohd Salleh, dibantu oleh Purwanto dan Jimmy Napitupulu, serta Pratap Singh. Terakhir, mantan Sekretaris Jenderal PSSI itu berharap dengan konsep ini, ke depannya akan melahirkan wasit-wasit muda, termasuk wasit-wasit putri yang bisa mendongkrak jumlah wasit berkualitas dan bersaing di level Internasional. Dari seleksi wasit lisensi C1 hari ini ada 35 peserta, di mana 24 peserta lulus FIFA tes fitnes kategori dua, dan dua di antaranya adalah wasit putri [Rel]