Hari Guru Nasional 2013, 56 Orang Terima Penghargaan Satya Lencana Pendidikan

Sumberpost.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) kembali menyelenggarakan puncak peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI.

solopos.com
solopos.com

Sebanyak 56 orang yang terdiri dari guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah berprestasi dan berdedikasi luar biasa menerima penghargaan berupa tanda kehormatan Satya Lencana Pendidikan.

Pemberian Satya Lencana Pendidikan dilakukan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pada puncak peringatan Hari Guru Nasional 2013 dan HUT PGRI ke-68 di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, (27/11). Penyerahan penghargaan dilakukan secara simbolik kepada 15 orang dari 56 penerima penghargaan. Selain itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh juga menyerahkan penghargaan kepada 12 guru pemenang Lomba Forum Ilmiah Guru Tingkat Nasional Tahun 2013, dan 7 guru pemenang Lomba Kreativitas Guru Tahun 2013.

Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2013 mengambil tema “Mewujudkan Guru yang Kreatif dan Inspiratif dengan Menegakkan Kode Etik untuk Penguatan Kurikulum 2013”. Tema ini diambil bersamaan dengan dimulainya implementasi Kurikulum 2013 secara bertahap dan terbatas. Diharapkan pada tahun 2013 ini, implementasi dan penegakan kode etik guru mengalami penguatan, termasuk kemampuan guru dalam memahami dan mengimplementasikam kode etik guru.

Acara puncak peringatan Hari Guru Nasional dihadiri juga oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menteri Agama Surya Dharma Ali, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Sementara jajaran pejabat Kemdikbud yang hadir antara lain Wamendikbud bidang Pendidikan Musliar Kasim, Sekretaris Jenderal Kemdikbud Ainun Na’im, dan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Peningkatan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP).[kemdikbud.go.id]