Rongsokan Tampilkan Studi Pentas Benih 12

Sumberpost.com | Banda Aceh – Unit Kegiatan Mahasiswa Rongsokan UIN Ar-Raniry mengadakan Study Pentas Benih ke 12 di Gedung Kegiatan kampus tersebut, Selasa (21/1).

Pertunjukan Rongsokan yang biasanya dimainkan senior profesional, kali ini murni untuk anggota 2012. “Pertunjukan ini untuk study pentas anak 2012. Belajar mentaslah istilahnya, jadi semua anak baru yang tampil,” ujar Dendi Swaran Danu, ketua umum Teater Rongsokan.

Acara berlangsung mulai pukul 15.00 WIB hingga 18.00 WIB ini akan mempersembahkan dua pertunjukan dengan judul Klop dan Aktor Tersesat Dalam Drama Tanda Tanya.Pementasan beraktorkan tujuh orang itu telah mempersiapkan diri sejak tiga bulan lalu.

Dendi mengatakan, tujuan pertunjukan teater ini adalah, supaya anak-anak rongsokan yang baru termotivasi untuk terus berkarya, “Selain itu, kami  juga ingin  memperlihatkan pada UIN bahwa Teater Rongsokan masih eksis dan masih punya bibit,”  ujarnya.

Dia mengaku, alasan utama pertunjukan ini yaitu untuk menarik minat mahasiswa UIN untuk bergabung pada open rekrutmen Rongsokan, February mendatang.

Dia berharap, pertunjukan sekaligus pelantikan anak 2012 itu, akan menggugah semangat mereka, “semoga mereka termotivasi untuk terus berkarya menggantikan abang-abang yang sudah selesai kuliah,” katanya.

Sekilas cuplikan dua naskah Study Pentas Bibit ke 12 :

“Klop” oleh Dendi Awaran Danu

Mengisahkan tentang seorang janda lengkap dengan problematika hudupnya, yang kemudian berjumpa seorang duda, sama-sama memiliki kemelut hidup layaknya si janda. Berlatar permasalahan hidup yang sama, menjadikan dua insan ini bertemu dan akirnya “Klop”.

 “Aktor Tersesat Dalam Drama Tanda Tanya” oleh Irwan Jamal

Menceritakan tentang sebuah kelompok teater, yang sudah pripare untuk tampil di sebuah pertunjukan, namun tiba-tiba salah seorang aktornyanya tidak hadir yang mengakibatkan  kepanikan para anggota. Dalam keadaan panik mereka memutuskan untuk membuat naskah baru dalam waktu 90 menit.

layaknya sebuah pepatah “sudah jatuh tertimpa pula” itu lah yang dialami oleh aktor tersebut. Dalam keadaan mendesak mengenai proses pembuatan naskah baru itu, penonton yang tak di duga ternyata datang lebih awal. Apakah yang akan dilakukan oleh para Aktor? Saksikan di Teater Rongsokan Study Pentas Bibit ke 12. [Desi Badrina]