Alumni UIN Luncurkan Album Etnik Aceh

Sumberpost.com | Banda Aceh –  Tangké Band, salah satu Band etnik Aceh yang dianggotakan beberapa alumni dari UIN Ar-Raniry,  akan bakal menggelar acara malam empat tahun Tangké Berkarya dan Launching album perdana mereka yang bertajuk “Meleuha”.

Acara launching tersebut akan berlangsung pada Sabtu (28/3/2015) malam mendatang, di Gedung ACC Sultan II Selim, Banda Aceh.

Manajer Tangké Band, Karimullah Djafar mengatakan, saat ini semua personel Tangké sedang fokus mempersiapkan komposisi untuk ditampilkan pada malam launching nanti.

“Anak-anak semuanya sedang sibuk dalam minggu ini, mulai dari latihan rutin untuk perfom di malam acara, juga bersama panitia mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan dan konsep acara,” kata Karimullah.

Untuk acara nanti, katanya, Tangké Band akan membawakan beberapa lagu andalannya yang tergabung dalam album perdana mereka itu. Selain Tangké, acara launching tersebut juga akan dimeriahkan oleh penyanyi etnik papan atas Aceh, seperti Joel Pasee, Sanggar Seni Seulaweuet, Tereza Aceh, Amoba Band dan beberapa lainnya.

“Kita sedang mempersiapkan semenarik mungkin agar acara nanti bisa dinikmati oleh semua pecinta musik etnik Aceh. Semoga acara kami ini sukses,” harapnya.

Ia menjelaskan, Tangké setelah terbentuk pada 20 Februari 2011 silam mulai berkarya dengan tujuan melahirkan album bergenre etnik Aceh modern.

Tangké, sebutnya, mulai dipercaya untuk mengisi acara-acara besar di Aceh. Bahkan, di akhir 2011 band yang digawangi oleh alumnus IAIN Ar-Raniry (sekarang UIN) itu sempat mengisi acara world music dengan musisi dari berbagai negara di Institute Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Sumatera Barat.

“Kalau rekaman kita mulainya akhir 2012 di Opay Studio, Banda Aceh. Untuk rekaman kita menghabiskan waktu hampir dua tahun, dan di pertengahan 2014 kemarin kita selesaikan video klip, itu juga menghabiskan waktu hampir satu tahun lamanya,” ungkap Karimullah.

Sementara itu, Vocalis Tangké, Subur Dani yang juga alumni dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh itu mengatakan, untuk album perdana ini Tangké Band menggaet label besar di Aceh, yakni Kasga Record miliknya Syekh Ghazali LKB yang sebelumnya telah meluncurkan puluhan album, seperti album Rafly Kande, Liza Aulia, Saleum Group dan lain-lain.

“Untuk album perdana ini ada 5.000 keping VCD Tangké Band yang sudah siap diproduksi di Jakarta. Insya Allah, dalam waktu dekat akan segera didistribusikan ke seluruh Aceh,” sebut pria yang akrab disapa Syeh Bor.

Di malam launching nanti, kata Syeh Bor, Tangké juga akan mendonasikan setengah dari penjualan album pertama untuk dana kebencanaan melalui Gerakan Sidroe Siribee (Geroebee) PMI Aceh.

Selain itu akan ada doorprize bagi penonton  yang beruntung. Mari kita lihat pertunjunkan Tangké Band di malam launching nanti, catat tanggalnya dan pastikan anda menyaksikan aksi kreatif anak muda Aceh ini. []

Rilis