Optimalkan Tata Ruang Kampus Ar-Raniry

Sumberpost.com | Banda Aceh – Tata ruang UIN Ar-Raniry secara fisik, di nilai sudah bagus. “Karena sudah ada pengelompokkan walaupun masih dalam masa transisi,” tutur Dekan Fakultas Saint dan Teknologi (FST) UIN Ar-Raniry Mustari Yahya, Kamis (23/04/2015) saat ditemui dalam ruangannya.

Meski demikian, proses pembangunan kampus masih belum final, karena kata Mustari, masih banyak fakultas baru yang masih menumpang di gedung lain. “Seperti  fakultas psikologi dan saintek, saat ini kami masih memakai gedung Museum. Karena belum mempunyai gedung fakultas yang tetap.”

Untuk membangun sebuah universitas, penataan memiliki dampak besar. Namun hal itu, kata Mustary, harus dilakukan dengan perencanaan jangka panjang. “Memiliki bangunan bagus juga menpunyai dampak luar biasa, baik itu untuk mahasiwa sendiri dan masyarakat luar,” ucapnya.

Sementara itu, mahasiswa FST Agus Faryandi, mengeluhkan tata ruang di kampus Ar-Raniry karena di nilai agak sempit. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan Fakultas Syariah dan Hukum misalnya, banyak pengendara yang memarkirkan kendaraannya di badan jalan.

“Ruang juga ada yang kecil ada yang besar. Yang panas juga ada,” imbuhnya. []

Nabit Birri