UIN Ar-Raniry Gelar Simulasi IELTS

Sumberpost.com | Banda Aceh – UIN Ar-Raniry menggelar simulasi tes International English Language Testing System (IELTS) dan presentasi program studi, serta peluang beasiswa pada universitas-universitas di Australia dan United Kingdom (UK), Sabtu (27/2/2016) di Ruang Theater, Gedung Museum kampus setempat.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Muhibbuthabry mengatakan, simulasi ini merupakan kali pertama dilaksanakan di UIN Ar-Raniry, kegiatan ini terselenggara atas kerja sama UIN dengan International Development Program (IDP) Education perwakilan Medan.

“Kita mengaharapkan kegiatan seperti dapat digelar secara rutin, karena sangat bermanfaat bagi yang ingin melanjutkan kuliah, khususnya bagi mahasiswa UIN Ar-Raniry, di antaranya manfaat yang pertama bahwa bagi yang belum pernah ikut maka akan tahu bagaimana cara dan bentuk soal yang akan ditanyakan saat mengikuti tes nanti, karena format IELTS sedikit berbeda dengan TOEFL,” ujar Muhibbuthabry.

Sementara itu, Ketua Panitia Habiburrahim menjelaskan, kegiatan itu dilaksanakan untuk menyampaikan informasi tentang bagaimana mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) yang merupakan bagian untuk dapat diterima pada universitas-universitas di luar negeri.

“Peserta yang mengikuti kegiatan ini rata-rata yang pertama kali mengikuti tes IELTS, mereka dapat melihat serta langsung dapat menguji diri sendiri bagaimana proses tesnya, sebelum mereka akan mengikuti tes yang sebenarnya, ini akan menjadi latihan bagi mereka,” ujar Habiburrahim.

Habib menyebutkan, fungsi dari IELTS ini dapat dipergunakan untuk mengikuti seleksi masuk pada universitas luar negeri, terutama di Auntralia, New Zealand, UK dan hampir semua Negara saat ini akan diminta hasil IELTS.

Dalam kegiatan itu, hadir juga perwakilan kampus luar negeri yang mempresentasikan informasi bidang studi dan beasiswa, di antaranya hadir perwakilan Queen’s University of Belfast dari UK dan Griffith University dari Australia. [Rilis]