Mahasiswa UIN Ar-Raniry Gratis Berobat di Klinik Kampus

Sumberpost.com | Banda Aceh – Klinik UIN Ar-Raniry secara resmi diluncurkan pada Rabu (18/5/2016) oleh Rektor UIN Ar-Raniry. Klinik yang dibangun oleh Islamic Development Bank itu kini sudah bisa memberikan pelayanan kesehatan bagi mahasiswa, dosen, dan masyarakat sekitar kampus.

Disebutkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Media Yulizar, Klinik UIN Ar-Raniry melayani perawatan umum, pelayanan P3K, pelayanan laboratorium, apotek, dan layanan konseling dari psikolog.

Rektor UIN Ar-Raniry, Farid Wajdi Ibrahim mengatakan, nantinya mahasiswa pada setiap semester bakal dikutip uang kesehatan yang dimasukkan kedalam SPP. Bagi masyarakat umum, akan dikenakan tarif.

“Dia (mahasiswa) dianggap gratis. Mahasiswa sudah include dalam UKT, itu sudah ada dana kesehatan, sekitar Rp. 25 ribu. Kalau masyarakat umum, mereka berobat seperti biasa,” kata Farid kepada sumberpost.com.

Pelayanan Islami

Sementara itu, Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin berharap, Klinik UIN Ar-Raniry bisa memberikan pelayanan kesehatan secara islami. Ia mencontohkan, pasien laki-laki ditangani perawat laki-laki, begitu juga sebaliknya.

“Pelayanan kesehatan secara islami sudah membudaya dan klinik UIN harusnya menerapkan itu. Misalnya pasien laki ditangani laki, perempuan dengan perempuan, juga mengucapkan bismillah ketika memberi pelayanan dan perawatan,” kata Zainal.

Ia mengatakan, Pemerintah Kota Banda Aceh menyambut baik Klinik UIN Ar-Raniry. Harapan Zainal, klinik itu bisa bermanfaat bagi mahasiswa, dosen, serta masyarakat yang membutuhkan bantuan kesehatan. []

Abd Hadi F