281 Putra Aceh Ikut Seleksi Calon Mahasiswa Timur Tengah

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sebanyak 281 putera-puteri Aceh mengikuti ujian seleksi penerimaan mahasiswa program Strata satu (S1) ke beberapa perguruan tinggi di Timur Tengah. Proses seleksi berlangsung di Auditorium Ali Hasjmy UIN Ar-Raniry, Kamis (19/5/2016).

Kepala Seksi Penjaminan Mutu Kelembagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI, Mizan Sya’roni mengatakan, seleksi calon mahasiswa penerima beasiswa di Timur Tengah ini diselenggarakan pada setiap tahun.

“Kegiatan semacam ini khusus bagi calon mahasiswa yang akan dikirim ke beberapa perguruan tinggi di tiga Negara di Timur Tengah yaitu Mesir, Maroko dan Sudan. Tahun ini ada 4883 orang yang mendaftar di seluruh Indonesia, sedangkan diterima hanya 55 orang yang akan dinyatakan lulus seleksi dengan komposisi antara lain, 20 orang dikirim ke Mesir, 20 ke Sudan dan 15 orang ke Maroko,” ujarnya.

Mizan menyebutkan, peserta yang mendaftar pada tahun 2016 melalui UIN Ar-Raniry sebanyak 281 pendaftar, 224 di UIN Raden Fatah Palembang, 167 di UIN Sumatera Utara, 374 di UIN Sultan Syarif Kasim Pekan Baru, 1745 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 682 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 597 di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 328 di UIN Alauddin Makasar dan 85 orang di IAIN Antasari Banjarmasin.

Sementara itu, Ketua Panitia Lokal untuk UIN Ar-Raniry Muhibbuthabry mengatakan, pelaksanaan tes ujian tulis bagi peserta dari Aceh dilakukan selama satu hari, dengan materi tes antara lain hafalan ayat-ayat Alquran, Pengetahuan Keislaman, Pemahaman Teks Arab, kemampuan berkomunikasi bahasa Arab, pengetahuan bidang Fiqh dan Hadits dan peserta diminta untuk mengarang dalam bahasa arab.

Pengumuman kelulusan akan disampaikan melalui situs resmi direktorat perguruan tinggi Kementerian Agama RI pada 25 Mei 2016 Mendatang. [Rilis]