Pembahas UUPA Isi Kuliah Umum di UIN Ar-Raniry

Sumberpost.com | Banda Aceh – Pakar Hukum Tata Negara RI, Prof. Yusril Ihza Mahendra menyatakan bahwa dirinya terlibat langsung dalam pembahasan Undang-Undang Pemerintah Aceh (UUPA) bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI serta perwakilan dari Aceh 10 tahun silam di Jakarta.

Hal tersebut disampaikan Prof. Yusril pada kuliah umum tentang Aceh dan UUPA di Auditorium Ali Hasyimi UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Jumat (12/8/2016).

“11 tahun sudah damai Aceh dan 10 tahun lalu saya sama-sama dengan Mendagri, Mohammad Ma’ruf ditunjuk oleh presiden untuk membahas UUPA ini sampai selesai,” kata Prof Yusril.

Ia bercerita pada saat pembahasan UUPA, dirinya bukan hanya berperan sebagai akademisi, tetapi terlibat langsung secara intens bekerja keras selesaikan UUPA. Lanjutnya, jika mahasiswa UIN Ar-Raniry ingin melihat langsung proses pembahan UUPA, bisa mendatangi DPR pusat untuk mendengar rekaman RUU serta transkripnya, agar lebih memahami spiritnya.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Yusril juga mengaku bangga dengan situasi Aceh saat ini yang telah damai setelah melewati masa-masa konflik selama puluhan tahun. Ia berharap, momen perdamaian benar-benar dijaga oleh Pemerintah Aceh dengan melibatkan semua kalangan, karena ada banyak tantangan dan rintangan menuju damai antara RI dengan GAM.

Dijelaskannya, 11 tahun Aceh damai, Pemerintah Aceh harus bekerja lebih keras lagi dalam mengimplementasikan butir-butir MoU.

“Jangan sia-siakan UUPA ini, Aceh sangat istimewa dari provinsi lain, pemerintah harus berpikir bagaiamana cara mengimplementasikannya, saya yang pernah terlibat dalam perdamaian Aceh siap membantu mengimplementasikannya,” ungkap Prof. Yusril. []

Muhammad Fadhil