Indonesia Menjadi “Negeri Siaga Bencana”

Sumberpost.com | Banda Aceh– Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI) Aceh mengadakan kajian rutin bertajuk “Bencana Alam yang Terjadi di Penjuru Dunia” bersama Faizal Andriansyah, seorang pemateri yang juga Ahli Geologi/Kepala PKP2A IV, di Rumoh Aceh Kupi Luwak Jeulingke, Rabu (31/10/2018).

Dalam materinya, Faizal Andriansyah menyampaikan, bencana yang terus terjadi di penjuru Indonesia menelan banyak korban jiwa dan kerusakan alam.

“Satu bulan yang lalu telah terjadinya Gempa Bumi dan Tsunami yang menghancurkan kota Palu. Indonesia sebagai negeri yang terkenal dengan keindahan alamnya kini dihadapkan dengan berbagai bencana yang terus menghiasi negeri ini,” ujarnya.

Ia juga menilai, tingkat kesiagaan masyarakat dan pemerintah daerah dalam menghadapi bencana-bencana besar belum maksimal.

Selain itu Ketua KWPSI Aceh, Azhari mengatakan, sebagai manusia kita juga harus berusaha untuk mengantisipasi bencana dengan memperbanyak amalan.

“Perbanyaklah amalan dan ketaqwaan dalam ibadah agar senantiasa selalu mendapatkan pertolongan Allah Shubhanallahu ta’ala,” ungkapnya.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB), telah terjadi sedikitnya 1.999 bencana di berbagai daerah di Indonesia hingga November 2018.

Kini Indonesia telah menyandang status sebagai negeri siaga bencana.[sal]

Mag: Muhammad Syahrul

Mungkin Anda Menyukai