Puluhan Mahasiswa Saksikan Gerhana Matahari Parsial di Halaman FSH UIN Ar-Raniry


Sumberpost.com | Banda Aceh- Pusat Studi Falak Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) bekerja sama dengan Ar-Raniry Club Falak (ACF) mengadakan Observasi Gerhana Matahari di halaman parkir FSH, Kamis (26/12/2019).

Puluhan pengamat yang berasal dari kalangan mahasiswa dan dosen berkumpul memenuhi halaman parkiran FSH, untuk menyaksikan fenomena alam ini.

Pusat Studi Falak juga menyediakan alat untuk observasi, terdiri dari Teleskop Sky Wtcher ED 100, EQ 6 Pro Mount (go to/otomatis), Teleskop Sky Watcher ED 80 (manual), Theodolite Nikon, Kacamata Matahari 4 Buah, dan Kaca Las Hitam Din 10 unit. Pengamat silih berganti melihat gerhana matahari parsial langsung dari dalam teleskop.

Riza Afrian selaku koordinator observasi menyebutkan, gerhana matahari parsial yang melintasi langit Banda Aceh disaksikan pada pukul 10:03:33 WIB hingga berakhir pada pukul 13:49:34 WIB. Namun puncaknya pada pukul 11:50:08 WIB.

Ia juga mengatakan, tujuan diadakan observasi ini sebagai wadah untuk belajar mengenalkan fenomena alam, berperan aktif terhadap fenomena yang berkaitan dengan Ilmu Falak dan menjadikan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry sebagai pusat kajian Ilmu Falak.

“Tujuan observasi itu, pertama kita lebih mengenalkan bahwasanya ada fenomena-fenomena astronomi yang memang dalam agama kita diakui keabsahannya, dalam artian gak mungkin ada perintah sholat khusuf jika tidak ada fenomena gerhana matahari,” katanya.

Nanda Maulina, salah satu pengamat gerhana matahari mengaku kagum dan takjub dengan adanya fenomena ini yang bisa langsung ia saksikan jelas meskipun harus dengan bantuan alat.

“Saya kagum dan takjub atas kuasa Allah, saya sangat tertarik pada gerhana matahari ini, karena peristiwa ini terjadi dalam tiga tahun hanya sekali. Jadi sayang sekali jika melewatkan moment ini,” katanya.[]

Reporter : Nuraliyah (mag)