Fakultas Dakwah Lepas 25 Mahasiswa Ke Rutan Lhoknga

Banda Aceh – Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry Banda Aceh Senin, (11/2) tadi melepaskan 25 mahasiswa dari jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) ke Lembaga Pemasyarakatan Lhokngan, Aceh Besar dalam rangka Pratikum lapangan Penyelamatan Mental (PLPM). Pelepasan mahasiswa ini merupakan mata kuliah di jurusan tersebut.

Pelepasan mahasiswa yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Dakwah, A. Rani Usman, beberapa dosen dan beberapa perwakilan dari pihak Lapas tersebut dipusatkan di Mushalla setempat. Lokasi itu dipilih untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

“Mahasiswa yang kita lepas hari ini sebelumnya sudah kita bekali dengan berbagai macam persiapan sehingga mereka memiliki persiapan yang cukup untuk melakukan praktikum,” kata Ketua Jurusan BPI, Jarnawi.

Ia menambahkan sebanyak 25 mahasiswa yang dilepas hari ini dimaksudkan agar mereka dapat mengambangkan ilmu yang sudah dipelajari sebelumnya di kampus. “Di rutan inilah saatnya mereka mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat di kampus. Progam ini merupakan upaya untuk membangun relasi antara Fakultas Dakwah dan Rutan Lhoknga, khususnya bagi mahasiswa itu sendiri,” ungkap Jarnawi.

52 orang mahasiswa BPI dilepas untuk mengikuti PLPM. Sebelumnya Minggu (10/2), sebanyak 27 mahasiswa melakukan Praktikum di Rumah sakit jiwa, Banda Aceh. sisanya melakukan praktikum di Lapas Lhoknga yang dilepas hari ini.

“Praktikum dimulai pada tanggal 11 Februari hingga 4 Maret 2013. Kemudian pada tanggal 4 hingga 28 Maret 2013 kedua kelompok ini akan ditukar posisinya. Dari RSJ dipindah ke Lapas Lhoknga, dan sebaliknya,” jelasnya.

“Pengalaman inilah yang akan mereka hadapi ke depan, karenanya kami memberikan dua tempat untuk mahasiswa melakukan praktek yang terbaik. Tidak hanya cukup dengan teori saja, mungkin kedepan kita juga akan membuat kerja sama dengan lembaga yang lain,” tambah ketua jurusan tersebut. [Dofa]

1 Komentar

  1. Bagus skali programnya dan lanjutkan program tu sampai berhasil dan tidak cuma kerjasama praktek saja tapi bisamenampubg tenaga kerja atau lulusan jurusan bpi khususnya jangan praktek saja

Komentar ditutup.