Sumberpost Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar

Sumberpost.com | Banda Aceh – Tambah ilmu jurnalistik, Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Sumberpost UIN Ar-Raniry mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar untuk puluhan kru baru organisasi ini. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Meeting Room SMK Banda Aceh selama dua hari, 26 hingga 27 April 2014. Hal itu dilakukan sebagai salah satu pembekalan untuk kru muda.DSC_0089

Pimpinan Umum Sumberpost pada dalam sambutannya, Sabtu (26/4) mengatakan, PJTD kali ini pertama dilakukan selama dua hari. Hal itu diakuinya lantaran ada lima materi yang bakal disampaikan seperti Kode Etik Jurnalistik, Straight News, Fotografi, dan Managemen Pers. “Makanya kita lakukan ini selama dua hari,” ungkapnya.

Pelatihan kali ini lanjutnya merupakan lanjutan dari magang yang sudah dilakukan selama dua bulan lebih kebelakang. “Semoga ilmu yang kita dapat nanti bisa diaplikasikan saat melakukan peliputan,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III sebelum membuka acara pagi tadi mengatakan, pers mahasiswa harus menjadi bagian yang mampu membangun kampus agar menjadi lebih baik kedepannya. Menurut mantan Dekan Fakultas Ushuluddin itu, setiap organisasi punya dua hal yang harus dilakukan untuk bisa membangun organisasi. “Pertama harus melakukan pembenahan di internal itu sendiri, salah satunya seperti acara yang dilakukan ini,” katanya. “kemudian setelah itu baru kita hayak aceh,” tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, nantinya di UIN pihaknya akan berusaha untuk memprioritaskan aktivis mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa. Hal itu dilakukan untuk mengapresiasi aktivis kampus yang sudah membantu membangun kampus kita. “Nanti sumberpost dalam minggu ini serahkan nama-nama yang kira-kira layak ya,” kata Warek yang langsung disambut tawa oleh peserta pelatihan.

Acara yang dispansori oleh AJI Banda Aceh, BkkbN Aceh, dan Sada Coffee menghadirkan pemateri dari kalangan wartawan dan penulis seperti, Muhammad Hamzah, Salman Mardira, Junaidi Hanafiah, Mahmur Dimila serta Fakhrur Rizha yang juga pendiri Sumberpost. []

Mungkin Anda Menyukai