Student Journalist | Adat Seumeuleung Di Nanggroe Daya

Sumberpost.com | Lamno – 7 Oktober 2014 bertepatan 12 Dzulhijjah, bertempat di gampong Glee Jong, Aceh Jaya. Ribuan penduduk Aceh Jaya melakukan ritual adat Seumeuleung (Menyuap Nasi Raja), Yang dihadiri oleh keturunan raja dari berbagai kerajaan Aceh terdahulu.

Acara yang berlangsung setelah Shalat Dzuhur itu dihadiri oleh  berbagai elemen masyarakat, mulai dari Ulama, Raja Sagoe, Pejabat, masyarakat hingga wisatawan dari berbagai daerah.seumeuleung

Seumeuleung merupakan salah satu adat tertua di Aceh. Adat ini telah berlangsung selama kurang lebih 5 setengah abad, terhitung sejak tahun 1480 Masehi, dan dilakukan pada hari ketiga Idul Adha.

Sebelum memulai ritual adat, warga sekitar terlebih dulu berziarah ke makan Sultan ‘Aliyuddin Ri’ayat Syah, Raja dari kerajaan Nanggroe daya terdahulu.

Adat ini merupakan budaya yang terus dilestarikan oleh masyarakat Naggroe Daya (Julukan Aceh Jaya), khususnya Lamno. Masyarakat sangat berantusias untuk menyaksikan acara tersebut, itu dibuktikan oleh padatnya pengunjung yang  menghadiri acara tersebut, meski hujan terus mengguyur kawasan itu.

Student Journalist | Riski Ramadhan HZ

Ingin tulisanmu dimuat laman sumberpost.com ? silakan kirimkan ke redaksi@sumberpost.com atau rayful.ajha@gmail.com.

Mungkin Anda Menyukai