Tinggal 6 Sesi Lagi, Buruan Nonton Polem Ibrahim

Sumberpost.com | Banda Aceh – Komunitas film Trieng Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry mengadakan pemutaran film pendek Polem Ibrahim di Ruang Teater fakultas tersebut, Sabtu (20/12). Film ini pertama kalinya diputar untuk publik. Jpeg

Ketua Umum Trieng, RA. Karamullah kepada Sumberpost.com mengatakan, Polem Ibrahim merupakan fenomena yang sekarang ada di Aceh. “Film ini mengangkat tentang syariat islam dari segi kemanusiaannya. Jadi sekarang kan yang menangani jenazah itu sudah ada event organizer. Jadi di film ini kami ingin mensosialisasikan untuk tidak memandikan jenazah keluarga pada orang lain,” kata pria yang biasa disapa RA itu.

Polem Ibrahim menceritakan tentang sebuah pemukiman yang masyarakatnya sudah modern sehingga saat ada yang meninggal, tidak ada yang memandikan mayat.

Pada satu ketika, Ibu Dek Gam (pemeran utama) meninggal dunia. Saat itu hadir Polem Ibrahim di kediamannya. Mulai saat itu nama yang disebutkan terakhir dianggap masyarakat sebagai dukun santet sehingga membuat Ibu Dek Gam meninggal.

Setelah itu, giliran Ayah Dek Gam yang dipanggil Ilahi. Ketika itu ia sulit mencari orang yang memandikan jenazah ayahnya. Lantas, berbagai usaha pun dilakukan. Saat tengah mencari, Dek Gam teringat dengan Polem Ibrahim yang dulu pernah hadir saat sang ibu meninggal.

RA yang juga sutradara film berdurasi 12 menit ini mengharapkan masyarakat Aceh bisa kembali mempelajari tentang tahjiz mayit, sehingga bisa memandikan dan menshalatkan keluarga sendiri.

Hari ini dijadwalkan diputar selama tujuh sesi. “Sesi pertama sudah diputar pagi tadi, sesi kedua pada pukul 2 siang nanti. Kita akan diputarkan sampai malam nanti. Untuk teman-teman yang ingin menonton, bisa membeli tiket di teater langsung,” tutupnya.

buat anda pecinta film buruan daftar !!!

Rayful | foto: Rayful

Mungkin Anda Menyukai