Leon Buskens : Islam Merupakan Sebuah Peradaban Yang Sangat Penting

Sumberpost.com | Banda Aceh – Direktur Netherlands Interuniversity School for Islamic Studies, Leon Buskens, menyampaikan mengenai perkembangan Islam baik di Eropa maupun Maroko, tempat Ia melakukan penelitian, Sabtu, (17/1/2015).

Terlahir bukan sebagai seorang muslim membuatnya ingin tahu lebih banyak tentang Islam. Ia kagum karena di dalam Islam, ilmu Allah dianggap sempurna sedangkan ilmu manusia terdapat kekurangannya.

“Kalau itu sudah di terapkan, kita akan menjadi orang yang rendah hati dan tidak suka mengambil hak orang lain,” kata Leon dalam Diskusi Publik Membincangkan Studi Islam di Barat.

Menurutnya, Islam merupakan sebuah peradaban yang sangat penting. Banyak muslim di dunia hidup dengan ilmu pengetahuan agama Islam. “Jadi, Saya juga ingin mengerti tentang kehidupan mereka, budaya mereka, kepercayaan mereka, juga kebiasaan mereka,” ujar Leon kepada sumberpost.com di ruang Seminar Pasca Sarjana UIN Ar-Raniry.

“Pertanyaan terbesar saya dalam melakukan penelitian adalah bagaimana muslim mempraktekkan Islam dan bagaimana memahami perbedaan-perbedaan dalam perspektif Islam,” lanjutnya.

Menurutnya, Aceh merupakan tempat yang sangat menarik untuk memulai perkembangan Islam agar lebih pesat lagi nantinya.

 

Rismayanti, Abdul hadi firsawan