Mahasiswa UIN Ar-Raniry Desak Jokowi Tuntaskan UUPA

Sumberpost.com | Banda Aceh – Puluhan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry melancarkan aksi di Simpang Lima, Banda Aceh, Senin (9/3/2015,)menuntut agar UUPA segera di sahkan. Aksi yang di mulai sekitar pukul 15.00 WIB itu terkait kedatangan Presiden Indonesia Joko Widodo ke Aceh.

Dalam aksi itu, pendemo membawa sejumlah umbul-umbul bertuliskan “Presiden Boleh Mati, UUPA Harga Mati”, “Sudah Cukup Aceh Jadi Modal Indonesia”, “Selamat Datang Pak Jokowi, Tuntaskan UUPA”, dan “UUPA Belum di Sahkan, disitu Kadang Kami Merasa Sedih”.

Mahasiswa UIN Ar-Raniry menuntut Jokowi menuntaskan Undang Undang Pemerintah Aceh (UUPA) yang saat ini di nilai belum selesai. Menurut mahasiswa, sikap Presiden Joko Widodo terhadap UUPA menjadi tolak ukur terhadap komitmennya membangun Aceh.

“Hari ini Presiden Indonesia Joko Widodo berkunjung ke Aceh, dan kami mewakili jutaan rakyat Aceh meminta Presiden mengesahkan UUPA,” Ujar koordinator lapangan M. Reza Fahlevi.

Dalam orasinya, Ia meminta ketegasan Jokowi terhadap UUPA. Lanjutnya, UUPA merupakan undang-undang yang sangat berpengaruh bagi masyarakat Aceh.

Sementara itu, Presiden Mahasiswa UIN Ar-Raniry Sayed Fuadi Fajar Ramadhan mengatakan UUPA merupakan kehususan yang di berikan untuk Aceh. Ia juga menuntut presiden Jokowi segera menyelesaikan UUPA agar MoU Helsinki yang menyatukan Aceh dan Republik Indonesia 2005 lalu menjadi jelas.

Aksi demontrasi sempat menarik perhatian pengguna jalan lantaran jumlah mahasiswa mencapai 50-an orang. Meski sempat terjadi beberapa kali kemacetan, puluhan aparat mengamankan aksi mahasiswa itu. []

Abdul Hadi Firsawan | Foto : Rizqi Shafriyaldi

Mungkin Anda Menyukai