UIN Ar-Raniry dan Fatih Jalin Kerjasama

Sumberpost.com | Banda Aceh – UIN Ar-Raniry Banda Aceh kembali melakukan kerjasama dengan Yayasan Fatih Indonesia (YFI), Rektor UIN Farid Wajdi Ibrahim dengan Perwakilan YFI Banda Aceh Harun Caglar yang menandatangani naskah kerjasama tersebut di Ruang Sidang Rektor kampus setempat, Senin (11/5/2015).

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Syamsul Rijal mengatakan, UIN Ar-Raniry dan YFI Banda Aceh telah sepakat mengembangkan aspek pendidikan dan kebudayaan.

Syamsul menyebutkan, beberapa yang yang disebutkan dalam naskah kerjasama tentang kontribusi UIN Ar-Raniry, diantaranya menyediakan kesempatan kepada siswa lulusan asing yang direkomendasikan YFI untuk kuliah di UIN dan memberikan kursus bahasa Indonesia kepada mahasiswa asing yang direkomendasikan YFI.

Selain itu, kedua pihak ini juga bekerjasama menyelengarakan Internasional Science Project Olympiad (ISPO), mengadakan penelitian bersama tentang kebudayaan, sejarah dan bahasa, menyediakan tenaga dosen bimbingan penelitian bagi guru dan siswa.

Sementara kontribusi YFI kepada UIN disebutkan antara lain, YFI akan menyediakan sekolah dibawah YFI sebagai sarana praktik atau PPL mahasiswa UIN Ar-Raniry, membantu mendatangkan dosen bahasa turki jika diperlukan, penelitian dan penebitan bersama, menjembatani hubungan dengan universitas luar negeri.

“Selama dalam masa ikatan kerjasama ini, UIN Ar-Raniry dan YFI Banda Aceh akan terus melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengembangakan pendidikan dan kebudayaan, dengan harapan mutu pendidikan Islam di UIN, Aceh dan Indonesia secara keseluruhan dapat terus dikembangkan,” tutur Syamsul. [Rilis]