Mahasiswa ; Inspirator

Universitas merupakan sebuah wadah yang mendidik generasi mudi mudi bangsa. Banyak pemimpin Bangsa dan Negara lahir dari universitas. Didikan general yang di anut suatu universitas atau kampus membuat intelktual kampus bebas berkreasi menurut kemampuan yang dimiliki.

Kehidupan kampus  sangat  berpengaruh  terhadap  kreatifitas  yang  dikembang  oleh  mahasiswa.  Ide-ide cemerlang dari setiap mahasiswa membuat kampus bagaikan sebuah taman bunga penuh warna dengan daya tarik yang luar biasa.

Mahasiwa menuangkan segala aspirasi untuk membangun kampus dan negara. Perubahan yang kembangkan oleh intelektual–intelektual kampus kerap dijadikan wacana dalam pembangunan Negara.

Mahasiswa, acap kali disebut sebagai agen perubahan, namun bukan berarti bisa menindas kejahatan layaknya superhero dalam film. Intelektual kampus bukan hanyamenggagas perubahan, melainkan juga harus menjadi objek dan pelaku dari perubahan tersebut.

Selain itu, perubahan yang dituju haruslah ke arah positif dan tidak menjatuhkan marwah mahasiswa. Hal itu dikatakan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry Syamsul Rijal pada acara shalat dhuha berjamaah di kampus tersebut beberapa waktu lalu.

Hal yang senada juga diungkap Walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal, dalam acara yang sama. Mahasiswa, bisa dijadikan sebagai inspirator dalam membangun kota  yang madani,  seperti  penerapan  budaya  islami  di  kampus.

Masih Tertahan

Adanya aktivitas mahasiswa membuat kampus penuh dengan warna warni perubahan. Terkadang  ada  juga  kegiatan  yang  di  rancang  oleh  mahasiswa  masih  tertahan.  Salah satu penyebabnya karea ada perbedaan  persepsi  antara  mahasiswa  dengan pihak lain.

Terkadang, masalah dana yang menjadi persoalan. Namun, ada hal yang paling disayangkan, yaitu ada mahasiswa yang  tidak  mau  terlibat dalam  kegiatan  kampus. Namun demikian, ada  juga  oknum-oknum yang menekan kreatifivitas  mahasiswa dengan cara, misalkan, mempengaruhi pemikiran mahasiswa.

Jangan sampai, mahasiswa dijadikan aktor yang di sutradarai oleh konseptor berjiwa bunga mawar yang elok dipandang, tapi terdapat duri yang berbisa.

Perlu Apresiasi

Memberikan apresiasi  terhadap  mahasiswa  yang  aktif  dalam  segala  bidang  itu  perlu dilakukan.  Misalkan dengan memberi penghargaan, fasilitas, santunan  dan hal lainnya.

Berilah  kesempatan  mahasiswa  berkreasi,  dukungan  yang  penuh, mensupport  ide-ide  mahasiswa  untuk menuju  perubahan  yang di  harapkan  oleh  masyarakat serta negara, juga ikhlas dalam berkerja, kreatif dalam berkarya.

Penulis bernama Bahagia, mahasiswa Biologi UIN Ar-Raniry. Ketua Departemen Kajian dan Strategis DEMA Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Ar-Raniry

Mungkin Anda Menyukai