4.179 Pelamar Mendaftar di Hari Pertama Job Fair

Sumberpost.com | Banda Aceh – Pelamar yang mendaftar pada hari pertama pergelaran Job Fair 2015 di Auditorium Ali Hasjmy UIN Ar-Raniry, Selasa (2/6/2015) mencapai 4.179 pelamar. Ratusan lowongan pekerjaan disediakan oleh 24 perusahaan yang membuka stan pada hari pertama.

Perwakilan Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh, Irfan mengatakan, perusahaan yang paling banyak dilamar ialah Bank Syariah Mandiri, mencapai 650 pelamar. Sedangkan lowongan pekerjaan yang mendominasi pada Job Fair tersebut ialah marketing dan sales.

Dikatakan Irfan, sebanyak 34 perusahaan telah mendaftar pada Job Fair 2015, namun pada hari pertama dihelat, hanya 24 yang membuka stan. “Mungkin karena hari ini hari libur, makanya ada perusahaan yang tidak buka stan. Tapi insyaallah besok semua stan akan buka,” harap Irfan.

Irfan menuturkan, Job Fair 2015 diselenggarakan untuk menekan angka pengangguran di Aceh yang tergolong tinggi.

Sementara Event Organizer kegiatan itu, Elvirawati menyebutkan, Job Fair akan mempermudah masyarakat yang ingin mencari pekerjaan. Karena pada Job Fair, semua perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan akan membuka lowongan.

“Jadi orang tidak usah pergi ke kantor lagi. Kan capek kalau kita harus datang ke setiap kantor untuk lamar kerja. Di Job Fair ini kita sediakan perusahaan, dan masyarakat tinggal memilih,” kata Elvi.

Dengan adanya Job Fair, ujarnya, masyarakat akan mudah memperoleh informasi tentang pekerjaan. Ia berharap, kegiatan itu bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, karena apabila masyarakat sudah punya pekerjaan, perputaran uang di Aceh juga akan besar.

“Ini juga supaya perusahaan memakai jasa masyarakat Aceh, jangan terlalu banyak mendatangkan tenaga kerja dari luar daerah,” tutur Elvi. []

Abdul Hadi F | Foto : istimewa