Rektor Tinjau Tes UM-PTKIN

Sumberpost.com | Banda Aceh – Rektor bersama pimpinan UIN Ar-Raniry meninjau langsung pelaksanaan tes Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang berlangsung di lingkungan kampus tersebut dan beberapa tempat disekitaran Darussalam, Selasa (23/6/2015) pagi. Tes UM-PTKIN akan berlangsung hingga Rabu (24/6/2015).

Rektor UIN Ar-Raniry Farid Wajdi Ibrahim, usai meninjau peserta tes mengatakan, UM-PTKIN merupakan jalur kedua masuk ke kampus itu dari tiga jalur yang dibuka pada tahun ini.

“Alhamdulillah yang memilih UIN Ar-Raniry melalui jalur UM-PTKIN sebanyak 6.396 orang, ini ada peningkatan dari tahun sebelumnya. Tes ini sifatnya nasional dimana peserta dapat memilih kampus di seluruh Indonesia,” ujar Farid.

Menurut Rektor, pada tahun sebelumnya yang mendaftar pada jalur UM-PTKIN berjumlah sekitar 5.000-an peserta dan pada tahun ini mengalami peningkatan peserta. Sedangkan peserta yang mendaftar ke UIN Ar-Raniry melaluui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN), sebanyak 9.000 orang, tetapi diterima hanya 1.987 orang saja atau 40 persen dari total yang diterima UIN tahun ini.

Untuk jalur ketiga, akan dibuka jalur PMB Mandiri atau jalur Lokal UIN Ar-Raniry, pada jalur ini diterima 20 persen dari total mahasiswa yang diterima kampus tersebut. Pendaftarannya akan dibuka setelah pengumuman kelulusan UM-PTKIN.

Sementara itu kata Farid Wajdi, program studi favorit tahun ini yaitu, Prodi ekonomi, perbankan islam, bahasa inggris dan prodi arsitektur pada fakultas baru.

“Beberapa prodi di UIN Ar-Raniry banyak peminatnya, namum sangat terbatas dengan fasilitas dan ruang kuliah, oleh karena itu kita sangat terbatas dalam menerima mahasiswa baru, sampai saat ini UIN hanya dapat menerima lebih kurang 5000 mahasiswa setiap tahunnya,” Ujarnya. [Rilis]

Mungkin Anda Menyukai