PSW UIN Ar-Raniry Luncurkan Buku Kiprah Perempuan Aceh

Sumberpost.com | Banda Aceh – Pusat Studi Wanita (PSW) UIN Ar-Raniry Banda Aceh meluncurkan buku tentang kiprah perempuan dalam mewujudkan perdamaian di Aceh, launching buku tersebut digelar usai pelantikan pengurus PSW periode 2015-2018 oleh Rektor UIN Ar-Raniry, Kamis (9/7/2015) dilingkungan kampus tersebut.

Ketua PSW UIN Ar-Raniry Rasyidah mengungkapkan, kumpulan tulisan dalam buku tersebut merupakan hasil penelitian yang dilakukan peneliti PSW UIN yang berjumlah sembilan orang.

Para peneliti ini mengambil lokasi penelitian di Aceh Besar, Bener Meriah, Aceh Utara dan Aceh Selatan, setelah melakukan berbagai pertimbangan, diantaranya perbedaan budaya dan intensitas konflik yang tinggi.

“Yang diteliti adalah kiprah perempuan, diantaranya eks kombatan Gerakan Aceh Merdeka, aktivis perepuan dan pimpinan perempuan. Latarbelakang penelitian ini merupakan permintaan banyak pihak yang mengadvokasi keterlibatan perempuan dalam membawa perdamaian. Oleh karena itu banyak pihak meminta PSW UIN Ar-Raniry mendokumentasikan kiprah perempuan dari masa konflik sampai saat ini dalam rangka membangun damai di Aceh,” ujar Rasyidah.

Buku yang diberi judul “Kiprah Perempuan Dalam Mewujudkan dan Memelihara Perdamaian di Aceh” itu, diharapkan dapat berkontribusi dalam pembangunan perdamaian di Aceh, khususnnya akademik dan masyarakat banyak.

Rasyidah melanjutkan, pembuatan buku tersebut melibatkan peneliti senior PSW yang mempunyai kemampuan dan keahlian dibidang penelitian. Dalam prosesnya, pembuatan buku tersebut juga melibatkan banyak pihak. [Rilis]

Mungkin Anda Menyukai