Kurangi Sampah, Banda Aceh Terapkan Kantong Plastik Berbayar

Sumberpost.com | Banda Aceh – Indonesia bebas sampah direncanakan akan terwujud pada 2020 mendatang. Untuk mewujudkan rencana tersebut, Pemerintah Kota Banda Aceh akan menjalankan program kantong plastik berbayar dibeberapa pusat pembelanjaan.

“Plastik berbayar akan dibuat di mall-mall yang besar dulu. Kantong plastik ini harganya Rp. 500. Kita buat di Suzuya Mall, Hermes Mall, pasar sehat, dan beberapa mall lain,” tutur Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal usai mendeklarasikan 54 komunitas yang berpartisipasi dalam aksi Indonesia Bebas Sampah, pada Minggu (21/2/2016).

Baca juga: Sumberpost TV – 699 Kilogram Sampah Dikumpulkan di Banda Aceh

Illiza menyebutkan, Banda Aceh merupakan salah satu kota yang menandatangani program Indonesia Bebas Sampah. Ia mengatakan, dalam waktu singkat pihaknya akan datang ke Jakarta untuk mengikuti piloting project untuk program kantong plastik berbayar.

Ia berharap, agar Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh dapat segera mensosialisasikan program tersebut kepada para masyarakat.

Sebelumnya, ratusan orang dari 54 komunitas ikut melakukan kegiatan mengutip sampah di kawasan Darussalam dan Alue Naga. Sebanyak 699 kilogram sampah dari dua kawasan tersebut berhasil dikumpulkan.

Baca juga:

54 Komunitas Deklarasi Banda Aceh Bersih

Besok, 52 Komunitas di Banda Aceh Kutip Sampah

Usai mengutip sampah, peserta aksi berkumpul di Hutan Kota, Tibang, Banda Aceh. Illiza mengapresiasi 54 komunitas yang sudah ikut berpartisipasi dalam aksi Indonesia Bebas Sampah 2020.

“Saya gak nyangka komunitasnya banyak betul dan ini sebuah kebanggaan,” ungkap Illiza saat memberikan sambutan pada deklarasi tersebut. []

Ghasyia | foto: Abd Hadi F