FAH Akan Gelar Pertemuan Forum Dekan dan Dosen se-Indonesia

Sumberpost.com | Banda Aceh – Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Ar-Raniry akan menyelenggarakan pertemuan forum Dekan dan Asosiasi Dosen Ilmu Adab se-Indonesia yang pada 13-14 Mei 2016 di Ballroom Grand Nanggroe Hotel, Banda Aceh dan Kota Sabang.

Wakil Dekan I Bidang Akademik FAH UIN Ar-Raniry, Syarifuddin, selaku ketua pelaksana pertemuan Forum ADIA 2016 mengatakan, dalam pertemuan Forum Dekan dan Asosiasi Dosen Ilmu Adab se-Indonesia, akan hadir Prof. Kamaruddin Amin, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI, sebagai Keynote-Speaker dengan topik, Islam, Sastra dan Masa Depan Kemanusiaan.

“Persiapan sudah maksimal, semua narasumber yang kita undang sebagai pembicara sudah konfirmasi kehadirannya, hanya tinggal hal-hal yang bersifat teknis dilapangan saja. Aceh sudah sangat siap menyambut pertemuan forum dekan dan dosen Adab seluruh Indonesia”, kata Syarifuddin.

Ia mengatakan, pada symposium Internasional Islam dan Humaniora pihaknya akan menghadirkan empat orang narasumber utama pada sesi panelis berskala internasional dengan tema Islam dan Humaniora, masing-masing Nico J.G Kaptein dari Leiden University The Netherlands, Prof. Eka Srimulyani dari UIN Ar-Raniry, Prof. Munjid Mustafa Bahjat dari Arabic Literature, IIUM Malaysia, serta Prof. Zuraidah Abd Manaf dari Information Science, University Technologi MARA Malaysia.

Sementara itu, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Prof. Misri A Muchsin berharap, kerjasama semua civitas akademika FAH untuk sama-sama berkontribusi aktif menyukseskan kegiatan tahunan ini.

“Pertemuan ADIA ini merupakan kegiatan level nasional, kita mempunyai tanggungjawab yang sama untuk menyukseskannya,” kata Misri.

Ia juga mengungkapkan, dalam perjalanannya Forum Dekan dan Asosiasi Dosen Ilmu Adab se-Indonesia itu terbentuk di Aceh. “Pertemuan ini akan diikuti oleh para pimpinan Fakultas, dosen dan pakar seluruh Indonesia, menurut konfirmasi 18 Lembaga akan datang ke Aceh,” tuturnya.

Asosiasi Dosen Ilmu-ilmu Adab (ADIA) adalah sebuah asosiasi keilmuan adab dan humaniora yang anggotanya terdiri dari seluruh dosen Fakultas Adab di seluruh Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) di bawah Kementerian Agama RI. Asosiasi Dosen Ilmu-ilmu Adab (ADIA) dibentuk pertama kalinya pada Forum Dekan Adab UIN/IAIN/STAIN se Indonesia Ke VIII yang dilaksanakan di IAIN Ar Raniry (sekarang UIN Ar-Raniry). [Rilis]