Terdampar di Pantai Lhoknga, Kapal India Diperiksa

Sumberpost.com | Aceh Besar – Satu unit kapal berbendera India terdampar di perairan Aceh Besar pada Sabtu (11/6/2016). Kapal itu terdampar akibat mesin dan generator rusak. Dalam kapal India tersebut, terdapat 40 orang, diantaranya anak-anak dan wanita.

Kapal itu pertama kali ditemukan oleh nelayan setempat pada Sabtu pukul 10.00 WIB. Nelayan tersebut kemudian melaporkan kapal asing itu ke aparat kepolisian yang segera bertindak.

Pada Sabtu sekira pukul 17.50 WIB, sejumlah aparat dari instansi seperti Kantor Imigrasi Banda Aceh, TNI Angkatan Laut, Panglima Laot Lhoknga, Camat Lhoknga, teknisi kapal, dan petugas kesehatan mendatangi kapal India yang berada sekitar 300 meter dari bibir Pantai Lhoknga tersebut menggunakan boat nelayan.

Beberapa petugas yang mendatangi kapal India itu akan memeriksa kesehatan awak kapal, dokumen-dokumen, barang yang dibawa, serta melakukan perbaikan terhadap kapal.

Kasi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) Banda Aceh, Usman mengatakan, kapal India yang terdampar itu ingin berlayar ke Australia. Namun karena kerusakan mesin, mereka akan di Aceh hingga kapal selesai dibuat.

“Mereka ingin melanjutkan perjalanan ke Australia. Kita bisa berikan bantuan memperbaiki kapal dan mereka bisa melanjutkan perjalanan,” kata Usman di TPI Lhoknga, Sabtu (11/06/2016) sore.

Untuk perbaikan mesin kapal, akan dilakukan secepatnya di laut karena kapal India itu tidak merapat ke daratan.

“Kita tidak tahu apa tujuan mereka berlayar ke Australia. Kita kesulitan pada bahasa,” ujar Usman ketika ditanya tujuan kapal tersebut berlayar. []

Abd Hadi F | ilustrasi: merdeka.com

Mungkin Anda Menyukai