12 Tahun Tsunami, Mahasiswa Berdoa dan Baca Yasin

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Ar-Raniry, Selasa (27/12/2016) pagi menggelar doa bersama dengan membaca yasin untuk mengenang 12 tahun musibah gempa dan tsunami Aceh di halaman fakultas setempat.

Selain diikuti oleh seratusan mahasiswa, doa bersama ini juga diikuti dekan, dosen, dan pegawai di lingkungan Fakultas Adab dan Humaniora. Acara ini juga dirangkai dengan tausiah yang disampaikan oleh Ustad Fahmi Sofyan.

Dalam paparannya, Ustad Fahmi mengatakan, setiap musibah yang datang ke permukaan bumi bukan berarti Allah tidak sayang terhadap hambanya. Akan tetapi, menurutnya, musibah tersebut merupakan tanda kasih sayang Allah terhadap umatnya yang disampaikan melalui suatu peringatan.

“Setiap cobaan yang datang semua ada hikmahnya, maka dari itu kita harus menghadapi segala musibah dengan sabar dan tabah,” ujar Ustad Fahmi.

Fahmi juga mencerikatan sejumlah deretan musibah yang terjadi pada masa nabi ratusan tahun silam. Ustad Fahmi mengurai satu per satu musibah tersebut dan membandingkan hikmahnya. Ceramah ini nampak diikuti dengan khitmad oleh seratusan mahasiswa meskipun di bawah terik matahari.

Dekan Fakultas Adab dan Humaniora, Syarifuddin dalam sambutannya mengatakan, dalam momentum peringatan 12 tahun tsunami ini diharapkan dapat menjadi renungan bersama terhadap sejauh mana amal yang telah dikerjakan selama hidup di permukaan bumi.

“Semoga musibah ini membuat kita selalu beristiqfar, selalu menjaga diri. Allah uji sedikit rasa takut dengan gempa dan tsunami, dengan kerusakan. Percayalah Allah tidak akan menguji sebuah masyarakat diluar kemampuannya,” katanya. []

Muhammad Fadhil

Mungkin Anda Menyukai