Dua Pelatih Nasional Pantau Talenta Muda Aceh

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sebanyak 20 pemain sepakbola di Aceh mengikuti seleksi tahap dua Timnas U-19 di Lapangan Sintesis, Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Selasa (21/2/2017).

20 pemain itu merupakan hasil dari seleksi tahap pertama yang dilakukan pada 11 dan 12 Februari 2017 lalu. Dari jumlah itu, lima di antaranya merupakan lulusan cadangan pada seleksi tahap pertama. Pada seleksi tahap kedua tadi, kelima pemain itu diberikan kesempatan bergabung bersama 15 pemain lainnya.

Seleksi yang berlangsung pada pagi dan sore itu dipantau oleh dua pelatih nasional yaitu Asisten Teknik I Timnas U-19, Miftahudin dan Pelatih Fisik Nur Sailan. Kedua pelatih ini merupakan utusan PSSI untuk memantau talenta muda di seluruh Indonesia guna memperkuat Timnas Indonesia U-19 di piala AFF dan AFC September dan November 2017 mendatang.

Asisten Teknik I Timnas U-19, Miftahudin kepada wartawan mengatakan, berdasarkan pantauan dari sejak pagi dan sore, pemain Aceh mempunyai kualitas yang luar biasa dari segi teknik. Meski demikian, pihaknya belum bisa memutuskan berapa orang yang akan dinyatakan lulus seleksi untuk mengikuti seleksi tahap ketiga yang dijadwalkan awal Maret nanti.

“Intinya saya cukup puas dengan kualitas pemain-pemain di Aceh untuk selevel umur mereka. Peluang lolos pasti ada, jumlah belum bisa disebutkan, karena rata-rata dari semua yang saya lihat mempunyai bakat dan kemampuan yang memang layak ke level yang lebih tinggi,” kata Miftahudin Selasa sore, 21 Februari 2017.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya mempersiapkan tim bukan untuk kompetisi dosmetik, tetapi untuk bersaing dengan beberapa negara di Asia. Atas dasar itu, pihaknya akan melakukan penjaringan pemain yang benar-benar berkualitas.

“Kita bersaing dengan negara-negara lain, sehingga nanti kalau kami standarisasinya hanya tingkat di bawahnya, begitu kami bawa ke level yang lebih tinggi kami akan kalah,” ujar Miftahuddin yang didampingi Pelatih Fisik, Nur Sailan.

Sementara, Nur Sailan menyebutkan bahwa seleksi tahap ketiga akan dilakukan di Sentul, Bogor awal Maret nanti. Dalam seleksi yang direncanakan selama empat hari itu, pemain yang tidak lulus kualifikasi akan dipulangkan ke daerah masing-masing.

“Semua pemain terbaik Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk memperkuat Timnas, untuk saat ini kan masih ada tahap-tahap saringan yang harus dilalui, tapi saya berharap di hadapan saya bisa mengikuti jejak senior-senior seperti Hamdi, karena tahun lalu ada tiga orang dari Aceh,” katanya lagi.

Ketua Asosiasi PSSI Aceh, Adly Tjalok berharap agar pemain yang mengikuti seleksi itu dapat lolos memperkuat Timnas Indonesia U-19 di piala AFF dan AFC nantinya. Pada piala AFF 2013 silam, katanya, Aceh berhasil mengirim tiga talenta untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

“Harapannya kalau Zulfiandi dan kawan-kawan sudah duluan ke Timnas U-19, mudah-mudahan adalah beberapa yang bisa mengikuti jejak mereka,” kata Adly. [ahf]

Muhammad Fadhil

Mungkin Anda Menyukai